1)
Daftar
Cek
Lembar Penilaian Antarpeserta
Didik
Sikap Disiplin
Petunjuk:
Lembaran ini diisi oleh peserta didik
untuk menilai sikap sosial peserta didik lain dalam kedisiplinan. Berilah tanda
cek (v) pada kolom skor sesuai sikap disiplin yang ditampilkan oleh peserta
didik, dengan kriteria sebagai berikut:
Ya = apabila peserta didik menunjukkan perbuatan sesuai
aspek pengamatan
Tidak = apabila
peserta didik tidak menunjukkan perbuatan
sesuai aspek pengamatan.
Nama penilai :
Tidak diisi
Nama peserta didik yang dinilai : ...............
Kelas :
...............
Mata pelajaran :
...............
No.
|
Sikap
yang diamati
|
Melakukan
|
Ya
|
Tidak
|
1.
|
Masuk kelas tepat waktu
|
|
|
2.
|
Mengumpulkan tugas tepat waktu
|
|
|
3.
|
Memakai seragam sesuai tata tertib
|
|
|
4.
|
Mengerjakan tugas yang diberikan
|
|
|
5.
|
Tertib dalam mengikuti pembelajaran
|
|
|
6.
|
Mengikuti praktikum sesuai dengan langkah
yang ditetapkan
|
|
|
7.
|
Membawa buku tulis sesuai mata pelajaran
|
|
|
8.
|
Membawa buku teks mata pelajaran
|
|
|
Jumlah
|
|
|
Petunjuk Penskoran
Lihat petunjuk
penskoran pada pedoman observasi sikap
disiplin
2)
Skala
Penilaian (rating scale)
Skala
penilaian akan digunakan dengan teknik sosiometri berbasis kelas. Langkah
penilaian antarpeserta didik diatur sebagai berikut.
1)
Guru mata
pelajaran menyiapkan instrumen penilaian skala penilaian berupa skala penilaian
(rating scale) sesuai dengan sikap
yang akan dinilai dari kompetensi inti spiritual dan sosial.
2)
Guru mata
pelajaran membagikan instrumen penilaian kepada setiap peserta didik di setiap
kelas.
3)
Peserta didik
menentukan nomor ranking kedudukan teman-temannya dari urutan nomor 1 (satu)
sampai nomor terakhir sesuai dengan jumlah peserta didik di kelas bersangkutan,
kecuali nama dirinya sendiri. Nomor urut 1 (satu) adalah teman yang dianggap
paling baik dalam bersikap dan berperilaku tertentu dan nomor urut terakhir
adalah yang dianggap kurang baik.
4)
Penyelenggaraan
penilaian antarpeserta didik dilakukan oleh guru mata pelajaran minimal satu kali dalam satu semester dengan
jadwal yang diatur oleh kepala sekolah sehingga tidak dilakukan serentak dalam
satu minggu.
5)
Hasil penilaian
sikap peserta didik diolah oleh guru dan dilaporkan kepada wali kelas.
6)
Wali kelas
menggabungkan skor penilaian sikap dengan nilai yang diperoleh dari penilaian
observasi, penilaian diri, dan jurnal.
Contoh Instrumen:
DAFTAR CEK
PENILAIAN ANTARPESERTA DIDIK
Nama penilai :
Tidak diisi
Nama peserta didik yang dinilai : ...............
Kelas :
...............
Mata pelajaran :
...............
Berilah tanda cek pada kolom pilihan
berikut dengan
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai
pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan
sesuai pernyataan dan
kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila
kadang-kadang melakukan dan
sering tidak melakukan
1
= tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
No.
|
Aspek
Pengamatan
|
Skor
|
4
|
3
|
2
|
1
|
1.
|
Tidak nyontek dalam mengerjakan
ujian/ulangan
|
|
|
|
|
2.
|
Tidak melakukan plagiat (mengambil/menyalin
karya orang lain tanpa menyebutkan sumber) dalam mengerjakan setiap tugas
|
|
|
|
|
3.
|
Mengemukakan perasaan
terhadap sesuatu apa adanya
|
|
|
|
|
4.
|
Melaporkan data atau informasi apa adanya
|
|
|
|
|
JUMLAH
|
|
|
|
|
Petunjuk penskoran:
Lihat petunjuk penskoran pedoman observasi
sikap disiplin