PETUNJUK
1. Bacalah pernyataan yang ada di dalam
kolom dengan teliti
2.
berilah tanda cek (√) sesuai dengan sesuai dengan kondisi dan keadaan kalian
sehari-hari
Nama Peserta Didik : ………………….
Kelas : ………………….
Materi Pokok : ………………….
Tanggal : ………………….
No.
|
Pernyataan
|
TP
|
KD
|
SR
|
SL
|
1.
|
Saya semakin yakin dengan keberadaan Tuhan
setelah mempelajari ilmu pengetahuan
|
|
|
|
|
2.
|
Saya berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu
kegiatan
|
|
|
|
|
3.
|
Saya mengucapkan rasa syukur atas segala karunia
Tuhan
|
|
|
|
|
4.
|
Saya memberi salam sebelum dan sesudah
mengungkapkan pendapat di depan umum
|
|
|
|
|
5.
|
Saya mengungkapkan keagungan Tuhan apabila
melihat kebesaran-Nya
|
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
|
|
Petunjuk Penskoran
Skor 1 = TP (tidak
pernah), 2 = KD (kadang-kadang), 3 = SR (sering), 4 = SL (selalu)
LEMBAR PENILAIAN DIRI
SIKAP JUJUR
Nama Peserta Didik : ………………….
Kelas : ………………….
Materi Pokok : ………………….
Tanggal : ………………….
PETUNJUK
1. Bacalah pernyataan yang ada di dalam
kolom dengan teliti
2. berilah tanda cek (√) sesuai dengan sesuai dengan kondisi
dan keadaan kalian sehari-hari
No.
|
Pernyataan
|
TP
|
KD
|
SR
|
SL
|
1.
|
Saya tidak mencontek pada saat mengerjakan ulangan/ujian
|
|
|
|
|
2.
|
Saya menyalin karya orang lain dengan menyebutkan
sumbernya pada saat mengerjakan tugas
|
|
|
|
|
3.
|
Saya melaporkan kepada yang berwenang jika
menemukan barang
|
|
|
|
|
4.
|
Saya berani mengakui kesalahan yang saya
lakukan
|
|
|
|
|
5.
|
Saya mengerjakan soal ulangan/ujian tanpa
melihat jawaban teman yang lain
|
|
|
|
|
Keterangan :
·
4 =
SL = selalu, apabila
selalu melakukan sesuai pernyataan
·
3 =
SR = sering, apabila
sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-
kadang tidak melakukan
·
2= KD = kadang-kadang,
apabila kadang-kadang melakukan dan
sering
tidak melakukan
·
1 =
TP = tidak pernah,
apabila tidak pernah melakukan
Petunjuk Penskoran:
Lihat petunjuk
penskoran pada pedoman observasi sikap spiritual
LEMBAR PENILAIAN DIRI
SIKAP TANGGUNG JAWAB
Nama Peserta Didik : ………………….
Kelas : ………………….
Materi Pokok : ………………….
Tanggal : ………………….
Petunjuk:
Lembaran ini diisi oleh peserta didik
sendiri untuk menilai sikap sosial peserta didik dalam tanggung jawab. Berilah
tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap tanggung jawab yang ditampilkan oleh
peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut:
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai
pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai
pernyataan dan
kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang
melakukan dan
sering tidak melakukan
1 = tidak pernah,
apabila tidak pernah melakukan
No.
|
Aspek
Pengamatan
|
Skor
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1.
|
Sebagai peserta didik saya melakukan
tugas-tugas dengan baik
|
|
|
|
|
2.
|
Saya berani menerima resiko atas tindakan
yang saya lakukan
|
|
|
|
|
3.
|
Saya tidak menuduh orang lain tanpa bukti
|
|
|
|
|
4.
|
Saya mau mengembalikan barang yang saya pinjam dari orang
lain
|
|
|
|
|
5.
|
Saya berani meminta maaf jika melakukan
kesalahan yang merugikan orang lain
|
|
|
|
|
Petunjuk Penskoran
Lihat petunjuk
penskoran pada pedoman observasi sikap
spiritual
LEMBAR PENILAIAN DIRI
SIKAP DISIPLIN
Nama Peserta Didik : ………………….
Kelas : ………………….
Materi Pokok : ………………….
Tanggal : ………………….
Petunjuk:
Lembaran ini diisi oleh peserta didik
untuk menilai sikap disiplin diri peserta didik. Berilah tanda cek (v) pada
kolom skor sesuai sikap disiplin yang kamu miliki sebagai berikut :
Ya =
apabila kamu menunjukkan perbuatan sesuai pernyataan
Tidak =
apabila kamu tidak menunjukkan perbuatan sesuai
pernyataan.
Nama Peserta Didik : ………………….
Kelas : ………………….
Tanggal Pengamatan : …………………..
Materi Pokok : …………………..
No
|
Sikap
yang diamati
|
Melakukan
|
Ya
|
Tidak
|
1
|
Saya masuk kelas tepat waktu
|
|
|
2
|
Saya mengumpulkan tugas tepat waktu
|
|
|
3
|
Saya memakai seragam sesuai tata tertib
|
|
|
4
|
Saya mengerjakan tugas yang diberikan
|
|
|
5
|
Saya tertib dalam mengikuti pembelajaran
|
|
|
6
|
Saya mengikuti praktikum sesuai dengan
langkah yang ditetapkan
|
|
|
7
|
Saya membawa buku tulis sesuai mata
pelajaran
|
|
|
8
|
Saya membawa buku teks mata pelajaran
|
|
|
Jumlah
|
|
|
Petunjuk Penyekoran
Jawaban YA diberi
skor 1, dan jawaban TIDAK diberi skor 0
Perhitungan skor
akhir menggunakan rumus :
Contoh :
Jawaban YA sebanyak
6, maka diperoleh nilai skor 6, dan skor maksimal 8 maka nilai akhir adalah :
Kriteria perolehan
nilai sama dapat menggunakan seperti dalam pedoman observasi.
LEMBAR PENILAIAN DIRI
SIKAP GOTONG ROYONG
Nama Peserta Didik : ………………….
Kelas : ………………….
Materi Pokok : ………………….
Tanggal : ………………….
Petunjuk Pengisian:
1.
Cermatilah kolom-kolom
sikap di bawah ini!
2.
Jawablah dengan
jujur sesuai dengan sikap yang kamu miliki.
3.
Lingkarilah
salah satu angka yang ada dalam kolom yang sesuai dengan keadaanmu
4 = jika
sikap yang kamu miliki sesuai dengan selalu positif
3
= jika sikap yang kamu miliki positif, tetapi sering positif dan kadang-kadang muncul sikap negatif
2
= jika sikap yang kamu miliki sering negative,
tetapi kadang-kadang
muncul sikap positif
1 = jika
sikap yang kamu miliki selalu negatif
Rela berbagi
|
4
|
3
|
2
|
1
|
Egois
|
Aktif
|
4
|
3
|
2
|
1
|
Pasif
|
Bekerja sama
|
4
|
3
|
2
|
1
|
Individualistis
|
Ikhlas
|
4
|
3
|
2
|
1
|
Pamrih
|
Petunjuk Penskoran
Lihat petunjuk penskoran pada pedoman observasi sikap spiritual
LEMBAR
PENILAIAN DIRI
SIKAP
TOLERANSI
Petunjuk:
Lembaran ini diisi oleh peserta didik
sendiri untuk menilai sikap sosial
peserta didik dalam toleransi. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai
sikap toleransi yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai
berikut:
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai
pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai
pernyataan dan
kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang
melakukan dan
sering tidak melakukan
1 = tidak pernah,
apabila tidak pernah melakukan
Nama Peserta Didik : ………………….
Kelas :
………………….
Tanggal Pengamatan : …………………..
Materi Pokok : …………………..
No.
|
Aspek
Pengamatan
|
Skor
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1.
|
Saya menghormati teman yang berbeda pendapat
|
|
|
|
|
2.
|
Saya menghormati teman yang berbeda suku,
agama, ras, budaya, dan gender
|
|
|
|
|
3.
|
Saya menerima
kesepakatan, meskipun
berbeda dengan pendapatnya
|
|
|
|
|
4.
|
Saya menerima kekurangan orang lain
|
|
|
|
|
5.
|
Saya memaafkan kesalahan orang lain
|
|
|
|
|
Jumlah
Skor
|
|
|
|
|
Petunjuk Penskoran
Lihat petunjuk
penskoran pada pedoman observasi sikap spiritual
LEMBAR PENILAIAN DIRI
SIKAP PERCAYA DIRI
Petunjuk:
Lembaran ini diisi oleh peserta didik
sendiri untuk menilai sikap sosial peserta didik dalam percaya diri. Berilah
tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap percaya diri yang ditampilkan oleh
peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai
pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai
pernyataan dan
kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang
melakukan dan
sering tidak melakukan
1 = tidak pernah,
apabila tidak pernah melakukan
Nama Peserta Didik : ………………….
Kelas : ………………….
Tanggal Pengamatan : …………………..
Materi Pokok : …………………..
No.
|
Aspek
Pengamatan
|
Skor
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1.
|
Saya melakukan segala sesuatu tanpa
ragu-ragu
|
|
|
|
|
2.
|
Saya berani mengambil keputusan secara cepat
dan bisa dipertanggungjawabkan
|
|
|
|
|
3.
|
Saya tidak mudah putus asa
|
|
|
|
|
4.
|
Saya berani menunjukkan kemampuan yang saya miliki di depan
orang banyak
|
|
|
|
|
5.
|
Saya berani mencoba hal-hal yang baru
|
|
|
|
|
Jumlah
Skor
|
|
|
|
|
Petunjuk Penskoran
Lihat petunjuk
penskoran pada pedoman observasi sikap
spiritual
LEMBAR
PENILAIAN DIRI
SIKAP SANTUN
Nama Peserta Didik : ………………….
Kelas : ………………….
Materi Pokok : ………………….
Tanggal : ………………….
Petunjuk Pengisian:
1. Bacalah
dengan teliti pernyataan pernyataan yang pada kolom di bawah ini!
2. Tanggapilah
pernyataan-pernyataan tersebut dengan member tanda cek (√) pada kolom:
STS
: Jika kamu sangat tidak setuju dengan pernyataan tersebut
TS : Jika kamu tidak setuju dengan pernyataan
tersebut
S : Jika kamu setuju dengan pernyataan
tersebut
SS : Jika kamu sangat setuju dengan pernyataan
tersebut
No.
|
Pernyataan
|
Penilaian
|
|
|
STS
|
TS
|
S
|
SS
|
1.
|
Saya menghormasti orang yang lebih tua
|
|
|
|
|
2.
|
Saya tidak berkata kata kotor, kasar, dan takabur
|
|
|
|
|
3.
|
Saya tidak meludah di tempat sembarangan
|
|
|
|
|
4.
|
Saya tidak menyela pembicaraan
|
|
|
|
|
5.
|
Saya mengucapkan terima kasih saat menerima bantuan dari
orang lain
|
|
|
|
|
6.
|
Saya tersenyum, menyapa, dan memberi salam kepada orang yang
ada di sekitar saya
|
|
|
|
|
Keterangan:
·
1 untuk sangat tidak setuju
(STS),
·
2 untuk tidak setuju (TS),
,
·
3 untuk setuju (S),
·
4 untuk sangat setuju (SS).
Petunjuk Penskoran
Lihat petunjuk penskoran pada pedoman observasi sikap spiritual