Petunjuk:
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai
sikap spiritual peserta didik. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai
sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai
berikut:
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai
pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai
pernyataan dan
kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang
melakukan dan
sering tidak melakukan
1 = tidak pernah,
apabila tidak pernah melakukan
Nama Peserta Didik : ………………….
Kelas :
………………….
Tanggal Pengamatan : …………………..
Materi Pokok : …………………..
No.
|
Aspek
Pengamatan
|
Skor
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1.
|
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu
|
|
|
|
v
|
2.
|
Mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan
|
|
|
|
|
3.
|
Memberi
salam sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi
|
|
|
|
|
4.
|
Mengungkapakan kekaguman secara lisan maupun
tulisan terhadap Tuhan saat melihat kebesaran Tuhan
|
|
|
|
|
5.
|
Merasakan keberadaan dan kebesaran Tuhan
saat mempelajari ilmu pengetahuan
|
|
|
|
|
Jumlah
Skor
|
|
|
|
|
Petunjuk
Penskoran:
Skor
akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan
skor akhir menggunakan rumus:
Contoh
:
Skor
diperoleh 14, skor maksimal 4 x 5 pernyataan = 20, maka skor akhir :
Sesuai Permendikbud No 81A Tahun 2013 peserta didik
memperoleh nilai adalah
Sangat Baik :
apabila memperoleh skor : 3,33 < skor
≤ 4,00
Baik : apabila memperoleh skor : 2,33 < skor ≤ 3,33
Cukup : apabila memperoleh skor : 1,33 < skor ≤ 2,33
Kurang : apabila memperoleh skor : skor ≤ 1,33
Pedoman
Observasi Sikap Jujur
Petunjuk:
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai
sikap sosial peserta didik dalam kejujuran. Berilah tanda cek (v) pada kolom
skor sesuai sikap jujur yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria
sebagai berikut:
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai
pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai
pernyataan dan
kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang
melakukan dan
sering tidak melakukan
1 = tidak pernah,
apabila tidak pernah melakukan
Nama Peserta Didik : ………………….
Kelas :
………………….
Tanggal Pengamatan : …………………..
Materi Pokok : …………………..
No.
|
Aspek
Pengamatan
|
Skor
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1.
|
Tidak mencontek dalam mengerjakan ujian/ulangan/tugas
|
|
|
|
|
2.
|
Tidak melakukan plagiat (mengambil/menyalin
karya orang lain tanpa menyebutkan sumber) dalam mengerjakan setiap tugas
|
|
|
|
|
3.
|
Mengungkapkan perasaan terhadap sesuatu apa adanya
|
|
|
|
|
4.
|
Melaporkan data atau informasi apa adanya
|
|
|
|
|
5.
|
Mengakui kesalahan atau kekurangan yang
dimiliki
|
|
|
|
|
Jumlah
Skor
|
|
|
|
|
Petunjuk Penskoran:
Lihat petunjuk
penskoran pada pedoman observasi sikap
spiritual
Pedoman
Observasi Sikap Disiplin
Petunjuk:
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai
sikap sosial peserta didik dalam kedisiplinan. Berilah tanda cek (v) pada kolom
skor sesuai sikap disiplin yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria
sebagai berikut:
Ya =
apabila peserta didik menunjukkan perbuatan sesuai
aspek
pengamatan
Tidak = apabila peserta didik tidak
menunjukkan perbuatan
sesuai aspek pengamatan.
Nama Peserta Didik : ………………….
Kelas : ………………….
Tanggal Pengamatan : …………………..
Materi Pokok : …………………..
No.
|
Sikap
yang diamati
|
Melakukan
|
Ya
|
Tidak
|
1.
|
Masuk kelas tepat waktu
|
|
|
2.
|
Mengumpulkan tugas tepat waktu
|
|
|
3.
|
Memakai seragam sesuai tata tertib
|
|
|
4.
|
Mengerjakan tugas yang diberikan
|
|
|
5.
|
Tertib dalam mengikuti pembelajaran
|
|
|
6.
|
Mengikuti praktikum sesuai dengan langkah
yang ditetapkan
|
|
|
7.
|
Membawa buku tulis sesuai mata pelajaran
|
|
|
8.
|
Membawa buku teks mata pelajaran
|
|
|
Jumlah
|
|
|
Petunjuk Penskoran:
Jawaban
YA diberi skor 1, dan jawaban TIDAK diberi skor 0
Perhitungan
skor akhir menggunakan rumus:
Contoh:
Jawaban
YA sebanyak 6, maka diperoleh skor 6, dan skor tertinggi 8 maka skor akhir
adalah
Peserta didik memperoleh nilai dapat
menggunakan seperti dalam pedoman observasi sikap spritual.
Pedoman Observasi Sikap Tanggung Jawab
Petunjuk:
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai
sikap sosial peserta didik dalam tanggung jawab. Berilah tanda cek (v) pada
kolom skor sesuai sikap tanggung jawab yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan
kriteria sebagai berikut:
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai
pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai
pernyataan dan
kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang
melakukan dan
sering tidak melakukan
1 = tidak pernah,
apabila tidak pernah melakukan
Nama Peserta Didik : ………………….
Kelas : ………………….
Tanggal Pengamatan : …………………..
Materi Pokok : …………………..
No.
|
Aspek
Pengamatan
|
Skor
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1.
|
Melaksanakan tugas individu dengan baik
|
|
|
|
|
2.
|
Menerima resiko dari tindakan yang dilakukan
|
|
|
|
|
3.
|
Tidak menuduh orang lain tanpa bukti yang akurat
|
|
|
|
|
4.
|
Mengembalikan barang yang
dipinjam
|
|
|
|
|
5.
|
Meminta maaf atas kesalahan yang dilakukan
|
|
|
|
|
Jumlah
Skor
|
|
|
|
|
Petunjuk Penskoran
Lihat petunjuk penskoran pada
pedoman observasi sikap spiritual
Pedoman
Observasi Sikap Toleransi
Petunjuk:
Lembaran ini diisi oleh guru/teman untuk
menilai sikap sosial peserta didik dalam toleransi. Berilah tanda cek (v) pada
kolom skor sesuai sikap toleransi yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan
kriteria sebagai berikut:
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai
pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai
pernyataan dan
kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang
melakukan dan
sering tidak melakukan
1 = tidak pernah,
apabila tidak pernah melakukan
Nama Peserta Didik : ………………….
Kelas : ………………….
Tanggal Pengamatan : …………………..
Materi Pokok : …………………..
No.
|
Aspek
Pengamatan
|
Skor
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1.
|
Menghormati pendapat teman
|
|
|
|
|
2.
|
Menghormati teman yang berbeda suku, agama,
ras, budaya, dan gender
|
|
|
|
|
3.
|
Menerima
kesepakatan, meskipun
berbeda dari pendapatnya
|
|
|
|
|
4.
|
Menerima kekurangan orang lain
|
|
|
|
|
5.
|
Memaafkan kesalahan orang lain
|
|
|
|
|
Jumlah
Skor
|
|
|
|
|
Petunjuk penskoran
Lihat petunjuk penskoran pada
pedoman observasi sikap spiritual
Pedoman Observasi Sikap
Gotong Royong
Petunjuk:
Lembaran ini diisi oleh guru/teman untuk
menilai sikap sosial peserta didik dalam gotong royong. Berilah tanda cek (v)
pada kolom skor sesuai sikap gotong royong yang ditampilkan oleh peserta didik,
dengan kriteria sebagai berikut:
4 = selalu, apabila selalu melakukan
sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan
sesuai pernyataan dan
kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila
kadang-kadang melakukan dan
sering tidak melakukan
1
= tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
Nama Peserta Didik : ………………….
Kelas : ………………….
Tanggal Pengamatan : …………………..
Materi Pokok : …………………..
No.
|
Aspek
Pengamatan
|
Skor
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1.
|
Aktif dalam kerja kelompok
|
|
|
|
|
2.
|
Suka menolong teman/orang lain
|
|
|
|
|
3.
|
Kesediaan melakukan tugas sesuai kesepakatan
|
|
|
|
|
4.
|
Rela berkorban untuk orang lain
|
|
|
|
|
Jumlah
Skor
|
|
|
|
|
Petunjuk Penskoran
Lihat petunjuk penskoran pada
pedoman observasi sikap spiritual
Pedoman Observasi Sikap
Santun
Petunjuk:
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai
sikap sosial peserta didik dalam kesantunan. Berilah tanda cek (v) pada kolom
skor sesuai sikap santun yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria
sebagai berikut:
4 = selalu, apabila selalu melakukan
sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan
sesuai pernyataan dan
kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila
kadang-kadang melakukan dan
sering tidak melakukan
1
= tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
Nama Peserta Didik : ………………….
Kelas : ………………….
Tanggal Pengamatan : …………………..
Materi Pokok : …………………..
No.
|
Aspek
Pengamatan
|
Skor
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1.
|
Menghormati orang yang
lebih tua
|
|
|
|
|
2.
|
Mengucapkan terima kasih setelah menerima bantuan orang lain
|
|
|
|
|
3.
|
Menggunakan bahasa santun saat menyampaikan
pendapat
|
|
|
|
|
4.
|
Menggunakan bahasa santun saat mengkritik
pendapat teman
|
|
|
|
|
5.
|
Bersikap 3S (salam,
senyum, sapa) saat bertemu orang lain
|
|
|
|
|
Jumlah
Skor
|
|
|
|
|
Petunjuk Penskoran
Lihat petunjuk penskoran pada
pedoman observasi sikap spiritual
Pedoman Observasi Sikap
Percaya Diri
Petunjuk:
Lembaran ini diisi oleh guru/teman
untuk menilai sikap sosial peserta didik dalam percaya diri. Berilah tanda cek
(v) pada kolom skor sesuai sikap percaya diri yang ditampilkan oleh peserta
didik, dengan kriteria sebagai berikut:
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai
pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai
pernyataan dan
kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang
melakukan dan
sering tidak melakukan
1 = tidak pernah,
apabila tidak pernah melakukan
Nama Peserta Didik : ………………….
Kelas : ………………….
Tanggal Pengamatan : …………………..
Materi Pokok : …………………..
No.
|
Aspek
Pengamatan
|
Skor
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1.
|
Berani presentasi di depan kelas
|
|
|
|
|
2.
|
Berani berpendapat, bertanya, atau menjawab pertanyaan
|
|
|
|
|
3.
|
Berpendapat atau
melakukan kegiatan tanpa ragu-ragu
|
|
|
|
|
4.
|
Mampu membuat
keputusan dengan cepat
|
|
|
|
|
5.
|
Tidak mudah putus
asa/pantang menyerah
|
|
|
|
|
Jumlah
Skor
|
|
|
|
|
Petunjuk Penskoran
Lihat petunjuk penskoran pada
pedoman observasi sikap spiritual
Contoh lain instrumen penilaian adalah
Lembar Pengamatan Sikap
Kelas : ……………………….
Hari, tanggal : ……………………….
Materi Pokok/Tema : ……………………….
No
|
Nama
Peserta Didik
|
Sikap
|
Keterangan
|
Jujur
|
Disiplin
|
Tanggung Jawab
|
Toleransi
|
Gotong Royong
|
Santun
|
Percaya Idris
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan Penskoran:
4 = apabila
selalu konsisten menunjukkan sikap sesuai aspek sikap
3 = apabila
sering konsisten menunjukkan sikap sesuai aspek sikap dan
kadang-kadang tidak sesuai aspek sikap
2 =
apabila kadang-kadang konsisten menunjukkan sikap sesuai aspek sikap dan sering tidak sesuai aspek sikap
1 = apabila tidak pernah konsisten menunjukkan sikap sesuai aspek sikap