1) Model Pertama
Petunjuk pengisian jurnal (diisi oleh guru).
a)
Tulislah identitas peserta didik yang diamati
b)
Tulislah tanggal pengamatan.
c)
Tulislah aspek yang diamati oleh guru.
d)
Ceritakan kejadian-kejadian yang dialami oleh peserta didik, baik yang merupakan
kekuatan peserta didik maupun kelemahan peserta didik, sesuai dengan pengamatan
guru terkait dengan Kompetensi Inti.
e)
Tulislah dengan segera kejadian
f)
Setiap kejadian per peserta didik ditulis pada kartu yang berbeda.
g)
Simpanlah kartu tersebut di dalam folder
peserta didik masing-masing.
Format:
|
|
Jurnal
Nama
Peserta Didik : ………………………….
Nomor
peserta Didik : ………………………….
Tanggal : ………………………….
Aspek
yang diamati : ………………………….
Kejadian : ………………………….
Guru:
|
|
Petunjuk penskoran
Lihat petunjuk penskoran pedoman observasi
sikap disiplin
2) Model Kedua
Petunjuk pengisian jurnal
(diisi oleh guru).
a)
Tulislah Aspek yang diamati
b)
Tulislah identitas peserta didik yang diamati
c)
Tulislah tanggal pengamatan.
d)
Tulislah aspek yang diamati oleh guru.
e)
Ceritakan kejadian-kejadian yang dialami oleh peserta didik, baik yang merupakan
kekuatan peserta didik maupun kelemahan peserta didik, sesuai dengan pengamatan
guru terkait dengan Kompetensi Inti.
f)
Tulislah dengan segera kejadian yang diamati
g)
Setiap kejadian per anak ditulis pada kartu yang berbeda.
h)
Simpanlah kartu tersebut di dalam folder
peserta didik masing-masing.
Contoh Format Jurnal
Jurnal
Nama Peserta Didik : ………………..
Aspek yang diamati : ………………..
No.
|
Hari, tanggal
|
Kejadian
|
Keterangan
|
|
|
|
|