2.2.
RPP dirancang untuk mencapai pembelajaran
efektif dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik
|
|
2.2.1. Rencana
pelaksanaan pembelajaran (RPP) disusun berdasarkan pada prinsip-prinsip
perencanaan pembelajaran.
|
|
Bukti-Bukti Fisik
|
Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti
Fisik
|
|
-
Buku Panduan Pengembangan Kurikulum
-
Silabus
-
RPP setiap KD dalam seluruh maple inti
-
SK TPS
-
Daftar Hadir & Notulen Penyusunan RPP
-
Daftar Hadir & Notulen Review RPP
-
Media Pembelajaran
-
Sumber Belajar
-
Lembar Penilain
-
Lembar Kerja Siswa
|
KEKUATAN :
-
Sebagian Guru-guru
madrasah kami dalam penyusunan RPP dengan memperhatikan 6 (enam) prinsisp
perencanaan pembelajaran yaitu 1) memperhatikan perbedaan individu siswa, 2)
mendorong partisipasi aktif siswa, 3) mengembangkan budaya baca dan menulis,
4) memberikan umpan balik dan tindak lanjut5) Keterkaitan dan keterpaduan
antara SK, KD, materi, kegiatan pembelajran, inidikator pencapaian
kompetensi, penilaian dan sumber belajar, 6) menerapkan tehnologi informasi dan
komunikasi hanya guru-guru untuk maple ( B Indonesia,B Inggris,B Arab,IPA,)
-
Penyusunan RPP di
Madrasah kami di jabarkan / disesuaikan dengan Silabus
-
RPP di madrasah
kami, yang penyusunannya secara sistematis dan menunjukkan pembelajaran PKEM hanya maple B Inggris,B
Arab,B Indoesia,Qurdis dan IPA )
-
RPP di Madrasah
kami disusun untuk setiap 1 KD baik dalam 1x pertemuan atau lebih
-
RPP di Madrasah
kami reiveiu setiap tahun untuk meningkatkan hasil belajar siswa
KELEMAHAN ;
-
Guru maple Qurdis,Aqidah,Fiqih,SKI,PKn,TIK,Geografi,Sejarah,Ekonomi,Matematikai,Seni
Budaya,Penjaskes dalam menyusun RPP belum berdasarkan Prinsip-prinsip
penyusunan RPP
-
Guru maple
Aqidah,Fiqih,SKI,PKn,TIK,Geografi,Sejarah,Ekonomi,Matematikai,Seni
Budaya,Penjaskes dalam menyusun RPP belum menunjukkan pembelajaran PAKEM
|
|
Tahapan Pengembangan
|
|
|
Tahap ke-4
|
|
Tahap ke-3
|
√
|
Tahap ke-2
|
|
Tahap ke-1
|
|
RPP disusun oleh setiap guru untuk setiap kompetensi dasar
berdasarkan prinsip-prinsip perencanaan pembelajaran dan direview secara
berkala untuk memastikan dampaknya pada peningkatan hasil belajar peserta
didik.
|
RPP disusun oleh setiap guru untuk setiap kompetensi dasar
berdasarkan prinsip-prinsip perencanaan pembelajaran.
|
Sebagian guru menyusun RPP sendiri untuk setiap kompetensi dasar
berdasarkan prinsip-prinsip perencanaan pembelajaran.
|
Guru tidak menyusun RPP sendiri.
|
|
Rekomendasi:
Madrasah memfasilitasi dan mengintruksikan
guru-guru di dalam menyusun RPP harus berdasarkan prinsip-prnsip penyusunan
RPP
Madrasah memfasilitasi dan mengintruksikan
guru-guru di dalam menyusun RPP harus menunjukkan pembelajaran PAKEM
|
|
|
|
2.2.
RPP dirancang untuk mencapai pembelajaran efektif dan sesuai
dengan kebutuhan peserta didik
|
2.2.2.
RPP memperhatikan perbedaan gender,
kemampuan awal, tahap intelektual, minat, bakat, motivasi belajar, potensi,
kemampuan sosial, emosional, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan
belajar, latar belakang budaya, norma, nilai-nilai, dan lingkungan peserta
didik.
|
Bukti-Bukti Fisik
|
Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti
Fisik
|
-
Buku Panduan Pengembangan Kurikulum
-
Silabus
-
RPP setiap KD dalam seluruh maple inti
-
Media Pembelajaran
-
Sumber Belajar
-
Rubrik Penilain
-
Lembar Kerja Siswa
|
KEKUATAN :
-
Sebagian
Guru-guru madrasah kami dalam penyusunan RPP dengan memperhatikan perbedaan gender, kemampuan
awal, tahap intelektual, minat, bakat, motivasi belajar, potensi, kemampuan
sosial, emosional, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar
belakang budaya, norma, nilai-nilai, dan lingkungan peserta didik. hanya guru-guru untuk maple ( B Indonesia,B Inggris,B Arab,IPA,)
-
RPP di Madrasah
kami disusun untuk setiap 1 KD baik dalam 1x pertemuan atau lebih
-
RPP di Madrasah
kami di lengkapi dengan Media Pembelajaran,Rubrik Penilaian dan Lembar Kerja
Siswa yang memperhatikan perbedaan gender
KELEMAHAN ;
-
Guru maple Qurdis,Aqidah,Fiqih,SKI,PKn,TIK,Geografi,Sejarah,Ekonomi,Soiologi,Seni
Budaya,Penjaskes dalam menyusun RPP belum memperhatikan perbedaan gender, kemampuan
awal, tahap intelektual, minat, bakat, motivasi belajar, potensi, kemampuan
sosial, emosional, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar
belakang budaya, norma, nilai-nilai, dan lingkungan peserta didik secara
menyeluruh
|
Tahapan Pengembangan
|
|
Tahap ke-4
|
√
|
Tahap ke-3
|
|
Tahap ke-2
|
|
Tahap ke-1
|
RPP memperhatikan perbedaan gender, kemampuan awal, Tahap
intelektual, minat, bakat, motivasi belajar, potensi, kemampuan sosial,
emosional, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang
budaya, norma, nilai-nilai, dan lingkungan peserta didik serta direview oleh
para ahli.
|
RPP memperhatikan perbedaan gender, kemampuan awal, Tahap
intelektual, minat, bakat, motivasi belajar, potensi, kemampuan sosial,
emosional, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang
budaya, norma, nilai-nilai, dan lingkungan peserta didik.
|
RPP memperhatikan perbedaan gender, kemampuan awal, kebutuhan
khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya.
|
RPP tidak memperhatikan perbedaan individual peserta didik.
|
Rekomendasi:
- Madrasah perlu mengintruksikan semua guru
didalam menyusun RPP dengan memperhatikan Perbedaan Gender …
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|