2.
PENILAIAN PENDIDIKAN
|
2.1.
Sistem penilaian disusun
untuk menilai peserta didik
baik dalam bidang akademik maupun nonakademik
|
2.1.1. Guru menyusun perencanaan penilaian terhadap pencapaian kompetensi peserta didik.
|
Bukti-Bukti Fisik
|
Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti
Fisik
|
-
Permendiknas NO 22 ( SK-KD )
-
Silabus
-
RPP
-
Rubrik Penilaian
-
KKM
-
Pedoman Penyusunan KKM
|
KEKUATAN :
-
Guru – guru di Madrasah kami mengembangkan indikator pencapaian KD
-
Guru semua mapel di Madrasah kami setiap semester
menyusun KKM dalam setiap KD hanya mapel B Indonesia yang KKM nya di buat
dalam setiap Indikator
-
Guru mapel B Indonesia,B Arab,IPA di Madrasah kami
memilih teknik penilaian yang
sesuai pada saat menyusun silabus dan RPP mata pelajaran
-
Guru mapel B Indonesia,B Arab dan IPA di madrasah kami
mengembangkan instrumen dan Rubrik penilaian sesuai dengan
bentuk dan teknik penilaian yang dipilih..
KELEMAHAN ;
-
Sebagian besar Guru-guru di madrasah kami belum memilih tehnik yang
sesuai pada saat menyusun silabus dan RPP mata pelajaran
- Sebagian besar guru di
Madrasah kami belum menyusun instrumen dan rubrik prnilaian yang sesuai
dengan bentuk dan tehnik penilaian yang di pilih
|
Tahapan Pengembangan
|
|
Tahap ke-4
|
|
Tahap ke-3
|
√
|
Tahap ke-2
|
|
Tahap ke-1
|
Guru-guru kami menyusun rencana penilaian terhadap hasil belajar
peserta didik terhadap pencapaian kompetensi yang diharapkan dan
diinformasikan kepada peserta didik sehingga setiap peserta didik memahami
target kompetensi yang harus dicapai.
|
Guru-guru kami menyusun dan mengembangkan perencanaan penilaian
untuk mencapai kompetensi peserta didik.
|
Sebagian Guru-guru kami menyusun perencanaan penilaian
berdasarkan kompetensi dasar dan standar kompetensi.
|
Guru-guru kami melaksanakan penilaian hasil belajar peserta didik
tanpa membuat perencanaan penilaian yang jelas terlebih dahulu.
|
Rekomendasi:
·
Madrasah perlu menginstruksikan dan memfasilitasi guru didalam
menyusun silabus dan RPP supaya sesuai didalam memilih tehnik penilaian
·
Madrasah perlu mengintruksikan dan memfasilitasi guru-guru di dalam Mengembangkan instrumen dan pedoman penilaian sesuai dengan
bentuk dan teknik penilaian yang dipilih
|
8.1.
Sistem penilaian disusun
untuk menilai peserta didik
baik dalam bidang akademik maupun nonakademik
|
8.1.2. Guru memberikan informasi kepada peserta didik
mengenai kriteria penilaian termasuk Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).
|
Bukti-Bukti Fisik
|
Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti
Fisik
|
-
Permendiknas NO 22 ( SK-KD )
-
Silabus
-
RPP
-
Rubrik Penilaian
-
KKM
-
Hasil Karya Siswa
-
Daftar nilai siswa
|
KEKUATAN :
-
Guru-guru kami menginformasikan silabus mata pelajaran yang di dalamnya memuat rancangan
dan kriteria penilaian pada awal semester.
-
Guru-guru di madrasah kami
menginformasikan Kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran kepada setiap siswa
pada waktu kegiatan pembuka
-
Guru maple B
Indonesia,B Arab dan IPA di madrasah kami menginformasikan kepada peserta didik setiap kegiatan pembuka dan Inti tentang : KKM, Tehnik Penilaian. Dan Rubrik Penilaian ( bauk untuk siswa dan guru )
KELEMAHAN ;
- Sebagian besar guru-guru kami belum
memberitahukan kepada peserta didik tentang SK KD,KKM,tehnik penilaian,rubric
penilaian dan waktu penilain
|
Tahapan Pengembangan
|
|
Tahap ke-4
|
√
|
Tahap ke-3
|
|
Tahap ke-2
|
|
Tahap ke-1
|
Guru-guru kami menginformasikan silabus mata pelajaran yang
didalam-nya memuat rancangan dan kriteria penilaian termasuk KKM dengan
memperhatikan karakteristik peserta didik, mata pelajaran dan kondisi madrasah pada awal semester.
|
Guru-guru kami memberikan informasi kepada peserta didik mengenai
kriteria penilaian termasuk KKM yang disusun.
|
Guru-guru kami memberikan informasi kepada peserta didik hanya
KKM saja diawal semester.
|
Guru-guru kami tidak memberikan informasi kepada peserta didik
mengenai kriteria penilaian, termasuk KKM.
|
Rekomendasi:
-
Madrasah perlu mengintruksikan dan memfasilitasi
guru-guru untuk menginformasikan kepada peserta didik minimal setiap awal
semester tentang KD,KKM, tehnik penilaian dan rubric penilaian dan waktu
penilain
|
8.1.
Sistem penilaian disusun
untuk menilai peserta didik
baik dalam bidang akademik maupun nonakademik
|
8.1.3. Guru melaksanakan penilaian secara teratur
berdasarkan rencana yang telah dibuat.
|
Bukti-Bukti Fisik
|
Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti
Fisik
|
-
Prota & Promes
-
Silabus
-
RPP
-
Lmbar Kerja
-
Rubrik penilain tiap RPP
-
Hasil karya siswa
-
Soal-soal UTS
-
LJK UTS
-
Absensi Siswa
-
Daftar nilai siswa
-
Raport UTS / Sisipan
-
Soal-soal Ulangan Semester
-
Daftar hadir Ujian Semester
-
LJK Ujian Semester
-
Raport
-
Soal-Soal UN & UAMBN
-
Administrasi UN & UAMBN
-
SK Panitia Ujian
|
KEKUATAN :
-
Guru maple B Indonesia,B Arab,IPA dan Qurdis telah melaksanakn
penilain harian terhadap siswa untuk mengukur tercapainya kompetensi dengan
menggunakan rubric penilain yang sesuai dengan silabus dan RPP yang di buat
Guru-guru kami
melaksanakan Ulangan yang dilakukan berkelanjutan
untuk memantau kemajuan dan perbaikan
pembelajaran.
1. Ulangan Tengah Semester, dilakukan setelah 8 – 9 minggu kegiatan pembelajaran. dan untuk seluruh
indikator dari seluruh KD pada
periode tersebut.
2. Ulangan Akhir Semester, dilakukan di akhir semester, Semua KD pada semester tersebut ( ganjil)
3. Ulangan Kenaikan Kelas yaitu Sistem paket dan Seluruh KD pada semester genap
4. Ujian Sekolah atau Madrasah, Sebagai syarat kelulusan dan seluruh mata pelajaran
selain mata pelajaran UN.
5. UN (Ujian
Nasional) untuk mapel B Ingris,Bahasa Indonesia, Matematika dan Ilmu
Pengetahuan ALam Untuk mencapai Standar Nasional Pendidikan
KELEMAHAN ;
- Guru-guru di
madrasah kami sebagian belum melaksanakan ulangan harian dan penilain
sehingga belum sesuai dengan silabus dan RPP yang telah di buat
|
Tahapan Pengembangan
|
|
Tahap ke-4
|
|
Tahap ke-3
|
√
|
Tahap ke-2
|
|
Tahap ke-1
|
Guru-guru kami menggunakan berbagai jenis metode untuk menilai
kemajuan belajar peserta didik secara berkelanjutan dan mengembangkannya
berdasarkan rencana yang telah dibuat sesuai dengan perkembangan peserta
didiknya.
|
Guru-guru kami selalu melaksanakan penilaian dan memantau
kemajuan belajar peserta didik secara berkala sesuai dengan rencana yang
telah dibuat pada silabus dan RPP.
|
Guru-guru kami melaksanakan penilaian terhadap peserta didik
secara periodik, tapi sebagian besar tidak sesuai dengan rencana penilaian
yang telah disusun.
|
Guru-guru kami tidak menilai atau memonitor kemajuan peserta
didik sesuai rencana.
|
Rekomendasi:
Madrasah perlu
mengintruksikan dan memfasilitasi guru-guru untuk melakukan penilain &
ulangan harian untuk mengukur ketercapaian kompetensi sehingga sesuai dengan
silabus dan RPP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|