1.1. Kurikulum
sudah sesuai dan relevan
|
1.1.1
Pengembangan kurikulum pada tingkat satuan
pendidikan menggunakan panduan yang disusun BSNP
|
Bukti Fisik
|
Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik
|
-
Daftar
Hadir ,Notulen Rapat ,Berita Acara Pembentukan TPK & SK TPK
-
Notulen
dan daftar hadir penyusunan dokumen kurikulum
-
Notulen
dan daftar hadir Sosialisasi kurikulum
-
Dokumen 1
Kurikulum
-
Dokumen
2 Kurikulum
-
Daftar
Hadir & Notulen Review Kurikulum
-
Media
Pembelajaran
-
Sumber
Belajar
|
§ Madrasah kami
memiliki Tim Pengembang Kurikulum
§ Dalam penyusunan
kurikulum Madrasah kami melibatkan Kepala Madrasah, pendidik, tenaga
kependidikan, dan komite Madrasah
§ Kerangka dasar
kurikulum sudah sesuai dgn Panduan Penyusunan Kurikulum dari BNSP
§ Struktur kurikulum
sudah sesuai dgn Panduan Penyusunan Kurikulum dari BNSP
§ Kurikulum
didasarkan pada 7 prinsip pengembangan kurikulum.
§ Dalam pelaksanan Kurikulum masih berdasarkan
pada 3 prinsip pelaksanaan kurikulum
§ Madrasah mensosialisasikan kurikulum kepada
semua pemangku kepentingan
§ Kurikulum Madrasah
kami disusun setiap 1 tahun sekali
§ Madrasah kami dalam pelaksanaan kurikulum belum
berdasarkan pada 7 prinsip pelaksanaan
kurikulum ( hanya 6 prinsip pelaksanaan kurikulum
§ Dokumen kurikulum belum disahkan
oleh Kementrian Agama sebelum diberlakukan
|
Tahapan Pengembangan
|
|
Tahap ke-4
|
|
Tahap ke-3
|
√
|
Tahap ke-2
|
|
Tahap ke-1
|
Kurikulum Madrasah
kami disusun dan dikembangkan sesuai panduan BSNP dan menjadi rujukan bagi
pengembangan kurikulum Madrasah lainnya yang memiliki karakteristik yang sama
|
Kurikulum Madrasah kami disusun dan
dikembangkan sesuai dengan panduan BSNP.
|
Kurikulum Madrasah kami disusun mengikuti
panduan yang disusun BSNP namun masih memerlukan pengembangan.
|
Kurikulum Madrasah kami belum sepenuhnya mengikuti panduan yang disusun
BSNP.
|
Rekomendasi:
§
Madrasah kami didalam melaksanakan
kurikulum perlu menggunakan pendekatan multistrategi dan multimedia, sumber
belajar dan teknologi yang memadai, dan memanfaatkan lingkungan sekitar
sebagai sumber belajar, dengan prinsip alam takambang jadi guru (semua
yang terjadi, tergelar dan berkembang di masyarakat dan lingkungan sekitar
serta lingkungan alam semesta dijadikan sumber belajar, contoh dan teladan
§
Madrasah perlu meminta pengesahan Kurikulum
kepada Kementrian Agama sebelum diterapkan
|
1.1.
Kurikulum sudah sesuai dan relevan
|
|
1.1.2
Kurikulum dibuat dengan mempertimbangkan
karakter daerah, kebutuhan sosial masyarakat, kondisi budaya, usia peserta
didik dan kebutuhan pembelajaran
|
|
Bukti Fisik
|
Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik
|
|
Notulen dan Daftar Hadir Penyusunan Kurikulum Mulok dan Pengembangan
Diri
Kurikulum B Jawa,BTQ dan BTK
Dokumen KTSP
Jadwal Kegiatan Harian
Jadwal Kegiatan PD Siswa
Absensi Harian Siswa
Absensi Kegiatan PD Siswa
Hasil Ketrampilan S iswa
|
- Penyusunan Kurikulum Muatan Lokal dan
Pengembangan Diri melibatkan Kepala Madrasah, Guru dan mempertimbangkan Komite
Madrasah,
- Kurikulum Muatan Lokal Madrasah sudah di sesuaikan dengan kebutuhan
daerah yaitu memuat
Bahasa Jawa,BTK dan BTQ
- Kurikulum Madrasah
memuat pengembangan diri yang disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik
yaitu budi pekerti, pembinaan moral siswa, Ketrampilan Siswa
|
|
Tahapan Pengembangan
|
|
|
Tahap ke-4
|
√
|
Tahap ke-3
|
|
Tahap ke-2
|
|
Tahap ke-1
|
|
Kurikulum
madrasah
kami disusun dengan mempertimbangkan karakteristik daerah, kebutuhan sosial
masyarakat, kondisi budaya, usia peserta didik, dan kebutuhan pembelajaran
yang terinte grasi
dalam silabus setiap mata pelajaran serta menjadi rujukan kab/kota dalam
pengembangan kurikulum lokal.
|
Kurikulum
madrasah kami disusun dengan mempertimbangkan karakteristik daerah, kebutuhan
sosial masyarakat, kondisi budaya, usia peserta didik, dan kebutuhan
pembelajaran dalam silabus setiap mata pelajaran.
|
Kurikulum
madrasah
kami disusun dengan mempertimbangkan usia peserta didik dan kebutuhan
pembelajaran.
|
Kurikulum
madrasah kami disusun belum mempertimbangkan karakteristik daerah, kebutuhan
sosial masyarakat, kondisi budaya, usia peserta didik, dan kebutuhan
pembelajaran.
|
|
Rekomendasi:
-
Madrasah perlu terus
mengembangkan didalam penyusunan Kurikulum dsesuaikan dengan mempertimbangkan
karakteristik daerah, kebutuhan sosial masyarakat, kondisi budaya, usia
peserta didik, dan kebutuhan pembelajaran dalam silabus setiap mata pelajaran.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|