2.
KOMPETENSI LULUSAN
|
2.1.
Peserta didik dapat mencapai target akademis yang diharapkan
|
2.1.1. Peserta didik
memperlihatkan kemajuan yang lebih baik dalam mencapai target yang ditetapkan
SKL.
|
Bukti-Bukti Fisik
|
Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti
Fisik
|
-
Dokumen 1 KTSP
-
Dokumen KKM
-
Daftar Nilai Ulangan harian ( KD )
-
Leger
-
Raport Sisipan
-
Raport Siswa
-
Analis Nilai siswa
-
Dokumen prosentasi nilai mata pelajaran ( 2008-2010 )
-
Dokumen rekapitulsi nilai hasil ujian ( 2008-2010)
|
KEKUATAN :
· Peserta didik di madrasah kami sebagian
besar maple sudah mencapai KKM
· Pada tahun ajaran 2012/2013 kami belum
meluluskan siswa
KELEMAHAN ;
· Peserta didik di madrasah kami untuk kelas
7 maple Matematika,B Inggris,B Arab,SKI,untuk kelas 8 mapel Matematika,B
Arab,B Inggris,IPA,untuk Kelas 9 mapel B Arab,B ingris,IPS,SKI bisa mencapai
KKM melalui remidi
· Rata-rata nilai ujian dalam 3 tahun
terakhir belum menunjukkan peningkatan secara konsisten
· Nilai rata-rata siswa untuk setiap maple
untuk setiap kelas belum menunjukkan adanya kenaikan secara konsisten
|
Tahapan Pengembangan
|
|
Tahap ke-4
|
|
Tahap ke-3
|
√
|
Tahap ke-2
|
|
Tahap ke-1
|
Peserta didik memperlihatkan kemajuan yang lebih baik melebihi
standar kompetensi kelulusan, percaya diri, dan memiliki harapan yang tinggi
dalam berprestasi.
|
Peserta didik memperlihatkan kemajuan yang lebih baik dalam
mencapai target yang ditetapkan dalam SKL.
|
Peserta didik memperlihatkan prestasi belajar yang lebih baik,
namun tidak konsisten.
|
Hasil belajar peserta didik masih di bawah SKL.
|
Rekomendasi:
·
Madrasah perlu meningkatkan kemampuan siswa di dalam mencapai KKM
untuk maple MTK,BIG,BAR,SKI untuk kelas 7;maple MTK,BAR,BIG,IPA untuk kelas
8;maple BAR,BIG,IPS,SKI untuk kelas 9
·
Madrasah perlu meningkatkan prosentasi nilai rata-rata maple
MTK,BAR,Bader,IPA.IPS,TIK setiap tahunnya
·
Madrasah perlu meningkatkan prosentasi nilai rata-rata UN setiap tahunnya
|
3.1.
Peserta
didik dapat mencapai target akademis yang diharapkan
|
3.1.2. Peserta didik
memperlihatkan kemajuan sebagai pembelajar yang mandiri.
|
Bukti-Bukti Fisik
|
Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti
Fisik
|
-
Dokumen hasil pemberian tugas terstruktur mandiri dan tidak
terstruktur
-
Hasil karya siswa
-
Daftar Nilai Siswa
-
Sumber Belajar yang variatif
-
Dokumen jadual dan pemanfaatan Lab Komputer dan perpustakaan
-
Lembar kerja Individu
|
KEKUATAN :
-
Di Madrasah kami
untuk kemajuan sebagai pembelajar yang mandiri dilaksanakan penugasan
terstruktur dan kegiatan mandiri tidak tersetruktur 40% dari beban belajar
tatap muka / 14 menit dengan pembagian 5 menit tugas terstruktur tiap satu
jam belajar dan 9 menit tugas mandiri tidak terstruktur setiap satu jam
belajar yang pelaksanaannya diserahkan kepada guru.
-
Penilaian
dilaksanakan guru –guru maple B Indonesia,B Inggris,IPA,IPS melalui
pengamatan proses dan hasil kerja siswa yang harus memenuhi KKM per KD dan
selalu ada peningkatan untuk KD-KD selanjutnya.
-
Penggunaan sumber
belajar sangat bervariasi, bisa dari Lab Komputer,bisa dari Hasil karya siswa
dan Lingkungan Madrasah
KELEMAHAN ;
-
Beberapa guru maple masih belum memberikan tugas yang memanfaatkan
berbagai sumber pembelajaran
-
Beberapa guru maple hanya melakukan penilaian kepada tugas siswa saja
dengan tidak menggunakan rubric penilaian
-
Beberapa guru maple belum memebrikan berbagai tugas kepada siswa di
stiap pembelajaran
|
Tahapan Pengembangan
|
|
Tahap ke-4
|
|
Tahap ke-3
|
√
|
Tahap ke-2
|
|
Tahap ke-1
|
Peserta didik kami mengembangkan keterampilan berpikir logis,
kritis, dan analititis serta mengembangkan kreatifitas mereka.
|
Peserta didik kami mampu menjadi pembelajar yang mandiri.
|
Sebagian peserta didik kami mampu menjadi pembelajar yang
mandiri.
|
Peserta didik kami belum mampu menjadi pembelajar yang mandiri.
|
Rekomendasi:
-
Madrasah perlu mengintruksikan guru-guru untuk
memberikan tugas-tugas yang bervariasi dalam setiap KD
-
Madrasah perlu mengintruksikan guru-guru untuk
memanfaatkan berbagai sumber belajar didalam proses pembelajaran
|