1.1 Menghargai
dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha
Esa untuk mempersatukan bangsa Indonesia di tengah keberagaman bahasa dan
budaya
1.2 Menghargai
dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha
Esa sebagai sarana memahami informasi lisan dan tulis
1.3 Menghargai
dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha
Esa sebagai sarana menyajikan informasi lisan dan tulis
|
|
Terintegrasi
pada KD di KI 3 dan 4
|
|
|
|
2.1 Memiliki
perilaku jujur, tanggung jawab, dan santun dalam menanggapi secara pribadi
hal-hal atau kejadian berdasarkan hasil observasi
2.2 Memiliki
perilaku percaya diri dan tanggung jawab dalam membuat tanggapan pribadi atas
karya budaya masyarakat Indonesia yang penuh makna
2.3 Memiliki
perilaku kreatif, tanggung jawab, dan
santun dalam mendebatkan sudut pandang tertentu tentang suatu masalah yang
terjadi pada masyarakat
2.4 Memiliki
perilaku jujur dan kreatif dalam memaparkan langkah-langkah suatu proses
berbentuk linear
2.5 Memiliki
perilaku percaya diri, peduli, dan santun dalam merespon secara pribadi
peristiwa jangka pendek
|
|
Terintegrasi
pada KD di KI 3 dan 4
|
|
|
|
I.
TEKS HASIL OBSERVASI
|
1.1
1.2
1.3
2.1
2.2
2.3
2.4.
2.5
3.1
Memahami teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi,
dan cerita pendek baik melalui lisan maupun tulisan
|
1.
Pengenalan struktur teks hasil
observasi
Struktur isi:
·
Judul
·
Klasifikasi umum
·
Deskripsi
Ciri Bahasa
·
Penggunaan kata sifat
·
Penggunaan kata kerja aksi
·
Penggunaan istilah-istilah
teknis
2.
Pemahaman Isi Teks Hasil
Observasi
|
Mengamati :
·
Memahami keadaan alam melalui sajian puisi,
gambar, nyanyian dan atau tayangan
·
Membaca teks hasil observasi dengan
cermat dan
menjawab pertanyaan
Menanya
·
mempertanyakan tentang teks hasil observasi (
struktur dan ciri-ciri bahasa)
Mengeksplorasikan
·
Mendiskusikan struktur isi teks hasil observasi
·
Mendiskusikan ciri bahasa teks hasil observasi
Mengasosiasikan
·
Menemukan contoh teks hasil
observasi
dengan pemahaman
Mengomunikasikan
·
Mempresentasikan hasil diskusi tentang struktur dan fitur
bahasa teks observasi dengan penuh percaya diri
·
Menanggapi hasil presentasi
secara santun
·
Menjawab/mengajukan pertanyaan
isi teks hasil observasi
(pertanyaan literal,
inferensial, integratif, dan
kritis)
·
Saling menilai kebenaran
jawaban teman
|
Jenis Tagihan:
·
Tugas individu, menenmukan contoh teks hasil observasi
·
Tugas kelompok, menentukan struktur isi dan ciri bahasa teks hasil
observasi
·
Tes tertulis, menjawab pertanyaan tenrkait isi teks hasil observasi
Bentuk Instrumen:
·
unjuk kerja, mempresentasikan hasil diskusi
·
Uraian bebas dan pilihan ganda, mengidentiifikasi struktur isi dan ciri
bahasa teks observasi dan menjawab/ mengajukan pertanyaan tentang isi teks
hasil observasi
·
Format pengamatan
sikap untuk menilai rasa percaya diri, kesantunan, dan
kecermatan
|
1x6jp
|
· Contoh teks hasil observasi
dari internet
· Contoh teks hasil observasi
dari media massa cetak
· Buku referensi tentang
genre teks
|
1.1
1.2
1.3
2.1
2.2
2.3
2.4.
2.5
3.2 Membedakan
teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita
pendek baik melalui lisan maupun tulisan
|
1.
Perbedaan teks hasil observasi
dengan teks deskripsi dilihat dari struktur isi
2.
Perbedaan teks hasil observasi
dengan teks deskripsi dilihat dari fitur bahasanya
|
Mengamati
·
Membaca teks hasil observasi
dengan cermat
·
Membaca contoh teks deskripsi
Menanya
·
mendorong siswa mempertanyakan tentang struktur
dan ciri-ciri bahasa teks observasi
Mengeksplorasi
·
Mendiskusikan persamaan teks
hasil observasi dan deskripsi dari struktur isinya
·
Mendiskusikan perbedaan teks
hasil observasi dan deskripsi dari
fitur bahasanya
Mengasosiasi
·
Mengidentifikasi teks-teks yang hasil
observasi yang pernah dibaca/didengar berdasarkan hasil pemahaman
Mengomunikasi
·
Mempresentasikan hasil diskusi tentang persamaan dan perbedaan teks hasil
observasi dan deskripsi dengan penuh rasa percaya
diri dan bahasa
yang lugas
·
Menanggapi presentasi
teman/kelompok lain secara lugas dan santun
|
Jenis Tagihan:
·
Tugas individu, menemukan perbedaan teks hasil observasi dan deskripsi
dilihat dari struktur isi dan fitur bahasanya
·
Tugas kelompok, menentukan perbedaan struktur isi dan ciri bahasa teks
hasil observasi dengan teks deskripsi
·
Tes tertulis, menemukan perbedaan teks hasil observasi dan
deskripsi dilihat dari struktur isi dan fitur bahasanya
Bentuk Instrumen:
·
Uji petik kerja, menemukan contoh teks hasil observasi
·
Uraian bebas dan pilihan ganda, mengidentiifikasi perbedaan struktur isi
dan ciri bahasa teks observasi dan deskripsi
·
Format pengamatan
sikap untuk menilai rasa percaya diri, kesantunan, dan
kecermatan
|
1x6jp
|
· Contoh teks hasil observasi
dari internet
· Contoh teks hasil observasi
dari media massa cetak
· Buku referensi tentang
genre teks
|
1.1
1.2
1.3
2.1
2.2
2.3
2.4.
2.5
3.3 Mengklasifikasi teks hasil
observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek
baik melalui lisan maupun tulisan
|
Klasifikasi teks hasil
observasi:
- teks laporan (report text)
- teks berita
|
Mengamati
·
Membaca dua buah teks hasil observasi dan teks berita
secara cermat
Menanya
·
Mendorong siswa mengungkapkan hal yang
berkaitan dengan teks laporan
Mengeksplorasikan
·
Menjawab pertanyaan tentang isi teks
·
Mendiskusikan manakah dari
kedua teks tersebut yang termasuk dalam kategori teks laporan dengan memberikan alasan
·
Mendiskusikan manakah dari
kedua teks tersebut yang termasuk dalam kategori teks berita dengan memberikan alasan
Mengasosiasikan
·
Menjelaskan teks observasi yang pernah
dibaca/didengar dan mengetahui perbedaannya dengan teks lain berdasarkan
struktur dan ciri-ciri bahasa yang telah dipahami
Mengomunikasikan
·
Mempresentasikan hasil diskusi tentang teks laporan (struktur dan ciri-ciri
bahasa) dalam
diskusi kelas dengan penuh rasa percaya diri dan bahasa yang
santun
·
Menanggapi presentasi
teman/kelompok secara jujur dan santun
|
Jenis Tagihan:
·
Tugas individu, menentukan manakah teks hasil observasi yang berupa
laporan dan berita.
·
Tugas kelompok, menentukan manakah teks hasil observasi yang berupa
laporan dan berita
Bentuk Instrumen:
·
Objektif pilihan ganda dan uraian untuk mengidentifikasi teks hasil observasi yang berupa laporan dan berita
·
Format pengamatan sikap untuk menilai rasa percaya diri, kesantunan, dan
kejujuran dalam menanggapi hasil presentasi
|
1x6jp
|
· Contoh teks hasil observasi dari internet
· Contoh teks hasil observasi
dari media massa cetak
· Buku referensi tentang
genre teks
|
1.1
1.2
1.3
2.1
2.2
2.3
2.4.
2.5
3.4
Mengidentifikasi kekurangan teks hasil observasi, tanggapan deskriptif,
eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek berdasarkan kaidah-kaidah teks baik
melalui lisan maupun tulisan
|
1.
Kelebihan teks hasil observasi dari aspek isi dan
bahasanya
2.
Kekurangan teks teks hasil observasi dari aspek isi
dan bahasanya
|
Mengamati
·
Membaca teks hasil observasi
dengan cermat
·
Membaca contoh hasil identifikasi kelebihan/kekurangan teks hasil observasi
Menanya
·
Menyanya tentang hal-hal yang berkaitan
dengan cara mengidentifikasi kekurangan teks hasil observasi (struktur dan
cirri-ciri bahasa)
Mengeksplorasikan
·
Membaca teks hasil observasi (yang struktur dan ciri-ciri bahasanya)
kurang sesuai
·
Mendiskusikan
kelebihan/kekurangan teks hasil observasi yang ditemukan secara jujur
Mengasosiasikan
·
Mengidentifikasi kekurangan pada teks laporan
yang pernah dibaca/didengar
Mengomunikasikan
·
Mempresentasikan hasil diskusi tentang kekurangan teks
observasi (dari segi struktur dan cirri bahasa) dengan penuh rasa
percaya diri
·
Menanggapi presentasi
teman/kelompok lain secara santun dan lugas
|
Jenis Tagihan:
·
Tugas individu, mengidentifikasi kelebihan/kekurangan
teks hasil observasi
·
Tugas kelompok, mengidentifikasi kelebihan/kekurangan
teks hasil observasi
Bentuk Instrumen:
·
Uji petik kerja, mengidentifikasi kelebihan/kekurang-an teks hasil observasi
·
Format pengamatan
sikap untuk menilai rasa percaya diri, kesantunan, dan
kejujuran dalam mengidentifikasi kelebihan/kekurangan teks hasil observasi
|
1X 6jp
|
· Contoh teks hasil observasi
dari internet
· Contoh teks hasil observasi
dari media massa cetak
· Buku referensi tentang
genre teks
|
1.1
1.2
1.3
2.1
2.2
2.3
2.4.
2.5
4.1 Menangkap
makna teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan
cerita pendek baik secara lisan maupun tulisan
|
1.
Pemahaman kata, istilah dalam
teks hasil observasi
2.
Pemahaman isi teks hasil
observasi
|
Mengamati
·
Membaca teks hasil observasi
Menanya
·
Menanya tentang makna kalimat atau kata dalam
teks hasil observasi
Mengeksplorasikan
·
Mendiskusikan kata-kata sulit
dan istilah dalam teks hasil observasi yang dibaca
·
Menjawab/mengajukan pertanyaan
isi teks hasil observasi
(pertanyaan literal, inferensial, integratif, kritis)
Mengasosiasikan
·
Membuat kalimat dengan makna yang sama
Mengomunikasikan
·
Menjelaskan peran pemilihan kata/kalimat
dalam menyampikan makna/tujuan
|
Jenis Tagihan:
·
Tugas individu, menjawab/mengajukan pertanyaan isi
teks hasil observasi
·
Tugas kelompok, menemukan makna kata-kata sulit dan istilah dalam teks hasil
observasi yang dibaca
Bentuk Instrumen:
·
Tes tulis menjawab/mengjaukan
pertanyaan isi teks hasil observasi
·
Format pengamatan
sikap untuk menilai kesantunan dalam menilai jawaban teman
|
1X 6jp
|
· Contoh teks observasi
dari internet
· Contoh teks observasi dari
media massa cetak
· Buku referensi tentang
genre teks
|
1.1
1.2
1.3
2.1
2.2
2.3
2.4.
2.5
4.2 Menyusun
teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita
pendek sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan maupun tulisan
|
Langkah Menyusun teks hasil
observasi
·
memilih objek pengamatan
·
Mengamati objek
·
Menentukan judul
·
Menulis klasifikasi umum
·
Menjabarkan deskripsi
unsur-unsur penting dari objek yang diamati
|
Mengamati
(1) berkelompok
·
Memilih objek pengamatan dari lingkungan, media
cetak, dan atau media elektronik untuk bahan penulisan laporan observasi
·
Mengamati dan atau membaca objek dengan cermat
Menanya
·
Menanyakan draft tulisan laporan hasil
observasi
mengeksplorasikan
·
Menentukan judul tulisan
·
Menulis klasifikasi umum
·
Menjabarkan deskripsi
unsur-unsur penting dari objek yang diamati dengan kalimat efektif
·
Menuliskan bagian penutup laporan observasi
dengan kalimat efektif
Mengomunikasikan
·
Membacakan hasil tulisan di depan teman-teman
dengan percaya diri
·
Memberi dan menerima masukan terhadap tulisan
yang telah dibuat untuk perbaikan
(2) Individu
·
Memilih objek pengamatan dari lingkungan, media
cetak, dan atau media elektronik untuk bahan penulisan laporan observasi
·
Mengamati dan atau membaca objek dengan cermat
Menanya
·
Menanyakan draft tulisan laporan hasil
observasi
mengeksplorasikan
·
Menentukan judul tulisan
·
Menulis klasifikasi umum
·
Menjabarkan deskripsi
unsur-unsur penting dari objek yang diamati dengan kalimat efektif
·
Menuliskan bagian penutup laporan observasi
dengan kalimat efektif
Mengomunikasikan
·
Membacakan hasil tulisan di depan teman-teman
dengan percaya diri
|
Jenis Tagihan:
·
Tugas individu, menyusun teks hasil observasi
·
Tugas kelompok, menyusun teks hasil observasi
Bentuk Instrumen:
·
Uji petik kerja, menyusun teks
hasil observasi
·
Format pengamatan
sikap untuk menilai kreativitas dalam menyusun teks hasil
observasi
|
2x6jp
|
· Contoh teks observasi
dari internet
· Contoh teks observasi
dari media massa cetak
· Buku referensi tentang
genre teks
|
1.1
1.2
1.3
2.1
2.2
2.3
2.4.
2.5
4.3 Menelaah
dan merevisi teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi,
eksplanasi, dan cerita pendek sesuai
dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
|
1.
Aspek penelahaan teks hasil
observasi
·
Menelaah judul teks hasil observasi
·
Menelaah klasifikasi umum teks hasil observasi
·
Menelaah deskripsi teks hasil observasi
·
Menelaah bahasa teks hasil
observasi: diksi, struktur kalimat, ejaan, dan tanda baca
2.
Merevisi isi dan bahasa teks
hasil observasi
|
Mengamati
·
Membaca teks hasil observasi
yang telah ditulis dan atau dibacakan teman/kelompok lain
Menanya
·
Menanya tentang teks hasil observasi yang
ditulis teman (isi,struktur, cirri bahasa)
Mengeksplorasikan
·
Menelaah teks hasil observasi
yang telah ditulis teman/kelompok lain dari aspek judul, klasifiaksi umum,
dan deskripsi, secara jujur
·
Merevisi teks hasil observasi
sesuai degan hasil penelaahaan
Mengomunikasikan
·
Menjelaskan hasil penelaahan terhadap teks
yang dibuat teman/kelompok untuk perbaikan
|
Jenis Tagihan:
·
Tugas individu, menelaah teks hasil observasi yang ditulis teman
·
Tugas kelompok, menelaah dan merevisi teks hasil
observasi yang ditulis kelompok lain
Bentuk Instrumen:
·
Uji petik kerja, menelaah dan merevisi teks hasil observasi yang ditulis
teman/kelompok lain
·
Format pengamatan
sikap untuk menilai kejujuran dalam menelaah teks hasil
observasi milik teman/kelompok lain
|
1x6jp
|
· Contoh teks observasi
dari internet
· Contoh teks observasi
dari media massa cetak
· Buku referensi tentang
genre teks
|
1.1
1.2
1.3
2.1
2.2
2.3
2.4.
2.5
4.4
Meringkas teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi,
dan cerita pendek baik secara lisan maupun tulisan
|
Langkah menyusun ringkasan:
·
membaca teks hasil observasi
·
mengidentifikasi intisari teks
mulai dari klasifikasi umum dan deskripsi
|
Mengamati
·
Membaca teks hasil observasi secara cermat
Menanya
·
Menanya tentang hal-hal yang berkaitan dengan
meringkas bacaan teks hasil observasi
Mengeksplorasikan
·
Mengidentifikasi intisari teks
mulai dari klasifikasi umum dan deskripsi
·
Menyusun intisari teks hasil
observasi dalam bentuk peta konsep
Mengomunikasikan
·
Mempresentasikan hasil
ringkasan
dengan lugas
·
Menanggapi presentasi
teman/kelompok secara santun
|
Jenis Tagihan:
·
Tugas individu, meringkas teks hasil observasi
·
Tugas kelompok, meringkas teks hasil observasi
Bentuk Instrumen:
·
Uji petik kerja, meringkas teks
hasil observasi dalam bentuk peta konsep
·
Format pengamatan
sikap untuk menilai kesantunan dalam menanggapi presentasi
teman/kelompok lain
|
1x6jp
|
· Contoh teks observasi
dari internet
· Contoh teks observasi
dari media massa cetak
· Buku referensi tentang
genre teks
|
TEKS
DESKRIPSI
|
1.1
1.2
1.3
2.1
2.2
2.3
2.4.
2.5
3.1
Memahami teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi,
dan cerita pendek baik melalui lisan maupun tulisan
|
1.
Pengenalan struktur teks
deskripsi
Struktur isi:
· Judul
· Kalimat
topik
· Deskripsi
rinci/khusus seolah pembaca mendengar/melihat/merasa-kan objek yang dideskripsikan
Ciri Bahasa
·
Penggunaan kata sifat
penggunaan kata kerja aksi
·
2.
2. Pemahaman Isi Teks deskripsi
|
Mengamati :
·
Mengamati suatu objek (benda mati atau benda
hidup) yang ada di sekitar
Menanya
·
menanya tentang cara mendeskripsikan sebuah objek
Mengeksplorasikan
·
Membaca teks deskripsi dengan cermat
·
Menjawab/mengajukan pertanyaan
isi teks hasil observasi
(pertanyaan literal,
inferensial, integratif, dan
kritis)
·
Mendiskusikan struktur isi teks deskripsi
·
Mendiskusikan ciri/fitur bahasa teks deskripsi
Mengasosiasikan
·
Menemukan contoh teks hasil deskripsi yang mirip
Mengomunikasikan
·
Mempresentasikan hasil diskusi tentang struktur dan fitur
bahasa teks observasi dengan penuh percaya diri
·
Menanggapi hasil presentasi
secara santun
·
Saling menilai kebenaran
jawaban teman
|
Jenis Tagihan:
·
Tugas individu, menenmukan contoh teks deskripsi
·
Tugas kelompok, mendiskusikan struktur isi dan ciri bahasa teks deskripsi
·
Tes tertulis, menjawab pertanyaan tenrkait isi teks deskripsi
Bentuk Instrumen:
·
unjuk kerja, mempresentasikan hasil diskusi
·
Uraian bebas dan pilihan ganda, mengidentiifikasi struktur isi dan ciri
bahasa teks deskripsi dan menjawab /mengajukan pertanyaan tentang isi teks
deskripsi
·
Format pengamatan sikap untuk menilai rasa percaya diri, kesantunan, dan
kecermatan
|
1x6jp
|
· Contoh teks deskripsi
dari internet
· Contoh teks deskripsi
dari media massa cetak
· Buku referensi tentang
genre teks
|
1.2
1.3
2.1
2.2
2.3
2.4.
2.5
3.2 Membedakan teks hasil observasi,
tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik melalui
lisan maupun tulisan
|
1.
Perbedaan teks deskripsi dengan
teks hasil observasi dilihat dari struktur isi
2.
Perbedaan teks deskripsi dengan
teks hasil observasi dilihat dari fitur bahasanya
|
Mengamati
·
Membaca teks hasil deskripsi dengan cermat
Menanya
·
mendorong siswa mempertanyakan tentang
struktur dan ciri-ciri bahasa teks deskripsi
Mengeksplorasi
·
Mendiskusikan persamaan teks
hasil deskripsi
dan observasi dari struktur isinya
·
Mendiskusikan perbedaan teksi deskripsi dan observasi dari
fitur bahasanya
Mengasosiasi
·
Mengidentifikasi teks-teks hasil deskripsi yang mirip yang pernah dibaca/didengar
berdasarkan hasil pemahaman yang diperoleh (struktur dan ciri bahasa)
Mengomunikasi
·
Mempresentasikan hasil diskusi tentang persamaan dan perbedaan teks hasil
deskripsi dan observasi dengan penuh rasa
percaya diri
dan bahasa yang lugas
·
Menanggapi presentasi
teman/kelompok lain secara lugas dan santun
|
Jenis Tagihan:
·
Tugas individu, menemukan
perbedaan teks deskripsi dan hasil observasi
dilihat dari struktur isi dan fitur bahasanya
·
Tugas kelompok, menemukan
perbedaan struktur isi dan ciri bahasa teks deskripsi dengan teks hasil
observasi
·
Tes tertulis, menemukan
perbedaan teks deskripsi dan hasil observasi dilihat dari struktur isi dan
fitur bahasanya
Bentuk Instrumen:
·
Uji petik kerja, menemukan
contoh teks deskripsi
·
Uraian bebas dan pilihan ganda,
mengidentifikasi perbedaan struktur isi dan ciri bahasa teks observasi dan
deskripsi
·
Format pengamatan sikap untuk
menilai rasa percaya diri, kesantunan, dan kecermatan dalam mempresentasikan
dan menanggapi presentasi
|
1x6jp
|
· Contoh teks deskripsi
dari internet
· Contoh teks deskripsi
dari media massa cetak
· Buku referensi tentang
genre teks
|
1.2
1.3
2.1
2.2
2.3
2.4.
2.5
3.3 Mengklasifikasi
teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita
pendek baik melalui lisan maupun tulisan
|
Klasifikasi teks deskripsi:
·
deskripsi sugesti (berdasarkan sifat/kesan yang
muncul, misalnya galak, sedih, gembira)
·
deskripsi eksplanatori (sesuai dengan fakta: tempat,
orang, suasana)
|
Mengamati
·
Membaca dua buah teks hasil deskrispsi (sugesti dan eksplanatori) secara
cermat
Menanya
·
Mendorong siswa mengungkapkan hal yang
berkaitan dengan cara penggambaran pada teks deskripsi
Mengeksplorasikan
·
Membaca dan menjawab pertanyaan tentang isi
teks deskripsi
·
Mendiskusikan manakah dari
kedua teks tersebut yang termasuk dalam kategori deskripsi sugesti
(berdasarkan sifat/kesan) dengan
memberikan alasan
·
Mendiskusikan manakah dari
kedua teks tersebut yang termasuk dalam kategori deskripi eksplanatori
(berdasarkan fakta/tempat/orang/suasana dengan memberikan alasan
Mengasosiasikan
·
Mengidentifikasi teks deskripsi yang pernah
dibaca/didengar dan mengetahui perbedaannya dengan teks lain berdasarkan
struktur dan ciri-ciri bahasa yang telah dipahami
Mengomunikasikan
·
Mempresentasikan hasil diskusi tentang teks deskrispsi (struktur dan
ciri-ciri bahasa) dalam diskusi kelas dengan penuh rasa percaya diri dan bahasa yang santun
·
Menanggapi presentasi
teman/kelompok secara jujur dan santun
|
Jenis Tagihan:
·
Tugas individu, menentukan manakah teks deskripsi yang berupa deskripsi sugesti dan eksplanatori
·
Tugas kelompok, menentukan manakah teks deskripsi yang berupa deskripsi
sugesti dan ekaplanatori
Bentuk Instrumen:
·
Objektif pilihan ganda dan uraian untuk mengidentifikasi teks deskripsi sugesti dan eksplanatori
·
Format pengamatan sikap untuk menilai rasa percaya diri, kesantunan, dan
kejujuran dalam menanggapi hasil presentasi
|
1x6jp
|
· Contoh teks deskripsi
dari internet
· Contoh teks deskripsi
dari media massa cetak
Buku referensi tentang genre teks
|
1.2
1.3
2.1
2.2
2.3
2.4.
2.5
3.4 Mengidentifikasi kekurangan teks hasil
observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek
berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan maupun tulisan
|
1.
Kelebihan teks deskripsi dari aspek isi dan
bahasanya
2.
Kekurangan teks teks deskripsi dari aspek isi dan
bahasanya
|
Mengamati
·
Membaca teks deskripsi dengan cermat
·
Membaca contoh hasil identifikasi kelebihan/kekurangan teks hasil deskripsi
Menanya
·
Menyanya tentang hal-hal yang berkaitan
dengan cara mengidentifikasi kekurangan teks deskripsi (struktur dan ciri-ciri
bahasa)
Mengeksplorasikan
·
Membaca teks deskripsi (struktur dan ciri-ciri bahasanya) kurang
sesuai
·
Mendiskusikan kelebihan/kekurangan
teks deskripsi yang ditemukan secara
jujur
Mengasosiasikan
·
Mengidentifikasi teks deskripsi yang pernah
dibaca/didengar dan mengidentifikasi kekurangannya
Mengomunikasikan
·
Mempresentasikan hasil diskusi tentang kekurangan teks
deskripsi (dari segi struktur dan ciri bahasa) dengan penuh rasa percaya diri
·
Menanggapi presentasi
teman/kelompok lain secara santun dan lugas
|
Jenis Tagihan:
·
Tugas individu, mengidentifikasi kelebihan/kekurangan teks deskripsi
·
Tugas kelompok, mengidentifikasi kelebihan/kekurangan teks deskripsi
Bentuk Instrumen:
·
Uji petik kerja, mengidentifikasi kelebihan/kekurangan teks deskripsi
·
Format pengamatan sikap untuk menilai rasa percaya diri, kesantunan, dan
kejujuran dalam mengidentifikasi kelebihan/kekurangan teks deskripsi
|
1x6jp
|
· Contoh teks deskripsi
dari internet
· Contoh teks deskripsi
dari media massa cetak
· Buku referensi tentang
genre teks
|
1.2
1.3
2.1
2.2
2.3
2.4.
2.5
4.1 Menangkap
makna teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan
cerita pendek baik secara lisan maupun tulisan
|
1.
Pemahaman kata, istilah dalam
teks deskripsi
2.
Pemahaman isi teks deskripsi
|
Mengamati
·
Membaca teks hasil observasi melalui pemodelan
Menanya
·
Menanya tentang makna kalimat atau kata dalam
teks deskripsi
Mengeksplorasikan
·
Menjawab pertanyaan tentang isi teks
deskripsi yang dibaca
·
Mendiskusikan kata-kata sulit
dan istilah dalam teks deskripsi yang dibaca
·
Menjawab/mengajukan pertanyaan
isi teks deskripsi
(pertanyaan literal, inferensial, integratif, kritis)
Mengasosiasikan
·
Membuat kalimat dengan makna yang sama
Mengomunikasikan
·
Menjelaskan peran pemilihan kata/kalimat
dalam menyampaikan makna/tujuan
|
Jenis Tagihan:
·
Tugas individu, menjawab/mengajukan
pertanyaan isi teks deskripsi
·
Tugas kelompok, menemukan makna
kata-kata sulit dan istilah dalam teks deskripsi yang dibaca
Bentuk Instrumen:
·
Tes tulis menjawab pertanyaan isi teks deskripsi
·
format pengamatan sikap untuk menilai kesantunan dalam menilai jawaban
teman
|
1x6jp
|
· Contoh teks deskripsi
dari internet
· Contoh teks deskripsi
dari media massa cetak
· Buku referensi tentang
genre teks
|
1.2
1.3
2.1
2.2
2.3
2.4.
2.5
4.1 Menyusun
teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita
pendek sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan maupun tulisan
|
Langkah Menyusun teks deskripsi
·
Memilih objek pengamatan
·
Mengamati objek
·
Menentukan judul
·
Menulis kalimat topik
·
Menyusun deskripsi sesuai
dengan kalimat topik secara rinci/khusus seolah pembaca mendengar
/melihat/merasakan objek yang dideskripsikan
|
Mengamati
·
berkelompok
·
Memilih objek pengamatan dari lingkungan, media
cetak, dan atau media elektronik untuk bahan penulisan deskripsi
·
Mengamati dan atau membaca objek dengan cermat
Menanya
·
Menanya tentang hal-hal yang berkaitan
dengan langkah menyusun teks deskripsi
Mengeksplorasikan
(1) berkelompok
·
Mengidentifikasi bahan-bahan dari berbagai
media untuk membuat tulisan deskripsi
·
Menentukan judul tulisan
·
Menulis kalimat topik
·
Menjabarkan kalimat topik dengan
penjabaran deskripsi secara rinci sehingga pembaca merasakan menangkap
/merasakan objek yang dideskripsikan
Mengomunikasikan
·
Membacakan hasil tulisan deskripsi di depan
teman-teman dengan percaya diri
·
Memberi dan menerima masukan terhadap tulisan
yang telah dibuat untuk perbaikan
(2) Individu
·
Mengidentifikasi bahan-bahan dari berbagai media
untuk membuat tulisan deskripsi
·
Menentukan judul tulisan
·
Menulis kalimat topik
·
Menjabarkan kalimat topik dengan
penjabaran deskripsi secara rinci sehingga pembaca merasakan menangkap
/merasakan objek yang dideskripsikan
Mengomunikasikan
·
Membacakan hasil tulisan deskripsi di depan
teman-teman dengan percaya diri
·
Memberi dan menerima masukan terhadap tulisan
yang telah dibuat untuk perbaikan
|
Jenis Tagihan:
·
Tugas individu, menyusun teks
deskripsi
·
Tugas kelompok, menyusun teks
deskripsi
Bentuk Instrumen:
·
Uji petik kerja, menyusun teks deskripsi
·
Format pengamatan sikap untuk menilai kreativitas dalam menyusun teks
deskripsi
|
2x6jp
|
· Contoh teks deskripsi
dari internet
· Contoh teks deskripsi
dari media massa cetak
· Buku referensi tentang
genre teks
|
1.2
1.3
2.1
2.2
2.3
2.4.
2.5
4.2 Menelaah
dan merevisi teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi,
eksplanasi, dan cerita pendek sesuai
dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
|
1.
Aspek penelahaan teks deskripsi
·
Menelaah
judul teks deskripsi
·
Menelaah
kalimat topik teks deskripsi
·
Menelaah
deskripsi teks deskripsi
·
Menelaah
bahasa teks deskripsi: struktur kalimat, ejaan, tanda baca
5
Merevisi isi dan bahasa teks
deskripsi
|
Mengamati
·
Membaca teks deskripsi yang telah ditulis dan atau dibacakan teman/kelompok lain
Menanya
·
Menanya tentang isi teks deskripsi yang
ditulis teman
Mengeksplorasikan
(1) berkelompok
·
Menelaah teks deskripsi yang telah ditulis kelompok lain dari aspek judul, kalimat topic, dan cara pendeskrispsian
secara cermat
·
Menelaah teks deskripsi dari segi pemakaian
bahasa (ejaan dan tanda baca)
·
Merevisi teks deskripsi sesuai dengan hasil penelaahaan kelompok lain
Mengomunikasikan
·
Membacakan teks deskripsi yang telah mendapat
revisi dari kelompok lain
(2) individu
·
Menelaah teks deskripsi yang telah ditulis diri sendiri dari aspek judul, kalimat topic, dan cara
pendeskrispsian secara cermat
·
Merevisi teks deskripsi sesuai dengan hasil penelaahaan
Mengomunikasikan
·
Membacakan teks deskripsi di depan dengan
percaya diri
·
Menanggapi saran teman dengan santun dan
menerima saran perbaikan dari teman untuk perbaikan tulisan
|
Jenis Tagihan:
·
Tugas individu, menelaah teks
deskripsi yang ditulis teman
·
Tugas kelompok, menelaah dan
merevisi teks deskripsi yang ditulis
kelompok lain
Bentuk Instrumen:
·
Uji petik kerja, menelaah dan merevisi
teks deskripsi yang ditulis teman/kelompok lain
·
Format pengamatan sikap untuk menilai kejujuran dalam menelaah teks
deskripsi milik teman/kelompok lain
|
1x6jp
|
· Contoh teks deskripsi
dari internet
· Contoh teks deskripsi
dari media massa cetak
· Buku referensi tentang
genre teks
|
1.2
1.3
2.1
2.2
2.3
2.4.
2.5
4.4 Meringkas teks hasil observasi,
tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik secara
lisan maupun tulisan
|
Langkah menyusun ringkasan:
·
membaca teks deskripsi
·
mengidentifikasi intisari teks
mulai dari kalimat topik dan deskripsi
|
Mengamati
·
Membaca teks deskripsi secara cermat
Menanya
·
Menanya tentang hal-hal yang berkaitan dengan
cara meringkas bacaan teks deskripsi
Mengeksplorasikan
1 (berkelompok)
·
Membaca kembali teks deskripsi yang telah
dibuat dalam kelompok
·
Mengidentifikasi intisari teks
mulai dari kalimat topic dan pendeskripsian
·
Menyusun ringkasan teks deskripsi
Mengomunikasikan
·
Membacakan ringkasan yang telah dibuat
·
Menerima masukan teman untuk perbaikan
ringkasan
2.
(individu)
·
Membaca kembali teks deskripsi yang telah
dibuat
·
Mengidentifikasi intisari teks
mulai dari kalimat topic dan pendeskripsian
·
Menyusun ringkasan teks deskripsi
Mengomunikasikan
·
Membacakan ringkasan yang telah dibuat
·
Menerima masukan teman untuk perbaikan
ringkasan
|
Jenis Tagihan:
·
Tugas individu, meringkas teks
deskripsi
·
Tugas kelompok, meringkas teks
deskripsi
Bentuk Instrumen:
·
Uji petik kerja, meringkas teks deskripsi dalam bentuk peta konsep
·
Format pengamatan sikap untuk menilai kesantunan dalam menanggapi saran teman/kelompok lain serta
ketekunan dalam mengerjakan tugas
|
2x6jp
|
· Contoh teks deskripsi
dari internet
· Contoh teks deskripsi
dari media massa cetak
· Buku referensi tentang
genre teks
|
TEKS
EKSPOSISI
|
1.2
1.3
2.1
2.2
2.3
2.4.
2.5
3.1 Memahami teks hasil observasi,
tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik melalui
lisan maupun tulisan
|
1. Pengenalan struktur Teks eksposisi
Struktur isi:
·
Judul
·
Tesis
·
Argumen
·
Simpulan
Ciri Bahasa
·
Menggunakan kata yang menunjukkan sikap penulis
·
Menggunakan kata sambung yang menunjukkan hubungan sebab-akibat
2. Pemahaman isi teks eksposisi
|
Mengamati :
·
Memperhatikan gambar/tayangan/sajian puisi
suatu topik dan bertanya jawab
·
Membaca teks eksposisi melalui pemodelan dengan cermat
Menanya
·
mempertanyakan tentang teks eksposisi (
struktur dan ciri-ciri bahasa)
Mengeksplorasikan
·
Menjawab/mengajukan pertanyaan
isi teks eksposisi
(pertanyaan literal,
inferensial, integratif, dan
kritis)
·
Mendiskusikan struktur isi teks eksposisi (judul, tesis,
argument, simpulan)
·
Mendiskusikan ciri bahasa teks eksposisi (kata/kalimat
yang menunjukkan sikap penulis, pemakaian kata sambung untuk menunjukkan
hubungan sebab akibat)
Mengasosiasikan
·
Menemukan kalimat yang menunjukkan sikap
penulis dan membuat kalimat lain dengan bentuk yang berbeda
Mengomunikasikan
·
Menjelaskan
teks eksposisi dari segi struktur dan ciri-ciri bahasa
·
Menjelaskan fungsi teks ekspoisisi dalam
kehidupan sehari-hari
|
Jenis Tagihan:
·
Tugas individu, menemukan contoh teks eksposisi
·
Tugas kelompok, menemukan struktur
isi dan ciri bahasa teks eksposisi
·
Tes tertulis, menjawab/mengajukan pertanyaan terkait isi teks eksposisi
Bentuk Instrumen:
·
unjuk kerja, mempresentasikan hasil diskusi
·
Uraian bebas dan pilihan ganda, mengidentiifikasi struktur isi dan ciri
bahasa teks eksposisi dan menjawab/mengajukan pertanyaan tentang isi teks eksposisi
·
Format pengamatan sikap untuk menilai rasa percaya diri, kesantunan, dan
kecermatan
|
1x6jp
|
· Contoh teks eksposisi
dari internet
· Contoh teks eksposisi
dari media massa cetak
· Buku referensi tentang
genre teks
|
1.2
1.3
2.1
2.2
2.3
2.4.
2.5
3.2 Membedakan
teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita
pendek baik melalui lisan maupun tulisan
|
1.
Perbedaan teks eksposisi argumentatif
dan persuasif dilihat dari struktur isi
2.
Perbedaan Teks eksposisi argumentatif
dan persuasif i dilihat dari fitur bahasanya
|
Mengamati
·
Membaca teks eksposisi argumentatif
dengan cermat
·
Membaca teks eksposisi
persuasif dengan cermat
Menanya
·
mendorong siswa mempertanyakan tentang
struktur dan ciri-ciri bahasa teks eksposisi argumentatif dan teks eksposisi
persuasif
Mengeksplorasi
·
Mendiskusikan persamaan teks
eksposisi argumentatif dari struktur
isi dan
ciri-ciri bahasa
·
Mendiskusikan perbedaan teks
eksposisi persuasif dari struktur dan fitur bahasanya
Mengasosiasi
·
Mengidentifikasi teks-teks eksposisi yang
pernah dibaca/didengar berdasarkan hasil pemahaman (struktur dan ciri bahasa)
Mengomunikasi
·
Mempresentasikan hasil diskusi tentang persamaan dan perbedaan teks
eksposisi argumentatif dan persuasif dengan data yang mendukung (kutipan
frasa atau kalimat) dengan penuh rasa percaya diri dan bahasa yang lugas
·
Menanggapi presentasi
teman/kelompok lain secara lugas dan santun
|
Jenis Tagihan:
·
Tugas individu, menemukan perbedaan teks eksposisi argumentatif dan
persuasif dilihat dari struktur isi dan fitur bahasanya
·
Tugas kelompok, mendiskusikan perbedaan struktur isi dan ciri bahasa teks
eksposisi argumentatif dan persuasif
·
Tes tertulis, menemukan perbedaan teks eksposisi argumentatif dan
persuasigf dilihat dari struktur isi
dan fitur bahasanya
Bentuk Instrumen:
·
Uji petik kerja, menemukan contoh teks eksposisi
·
Uraian bebas dan pilihan ganda, mengidentiifikasi perbedaan struktur isi
dan ciri bahasa teks eksposisi argumentatif dan persuasif
·
Format pengamatan sikap untuk menilai rasa percaya diri, kesantunan, dan
kecermatan
|
1x6jp
|
Contoh teks eksposisi dari internet
· Contoh teks eksposisi
dari media massa cetak
· Buku referensi tentang
genre teks
|
1.2
1.3
2.1
2.2
2.3
2.4.
2.5
3.3 Mengklasifikasi teks hasil observasi,
tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik melalui
lisan maupun tulisan
|
Klasifikasi teks eksposisi
- Eksposisi argumentative
- Eksposisi persuasif
|
Mengamati
·
Membaca dua buah teks eksposisi argumentatif dan
eksposisi persuasif secara cermat
Menanya
·
Mendorong siswa mengungkapkan hal yang
berkaitan dengan klasifikasi teks eksposisi
Mengeksplorasikan
·
Membaca dan menjawab pertanyaan tentang isi
teks ekposisi
·
Mendiskusikan manakah dari
kedua teks tersebut yang termasuk dalam kategori teks eksposisi
argumentatif dan peruasif disertai
alas an dan data dukung
Mengasosiasikan
·
Mengidentifikasi teks eksposisi yang pernah
dibaca/didengar dan mengetahui perbedaannya dengan teks lain berdasarkan
struktur dan ciri-ciri bahasa yang telah dipahami
Mengomunikasikan
·
Menjelaskan
klasifikasi teks eksposisi argumentatif dan persuasivfdari segi
struktur dan ciri-ciri bahasa
|
Jenis Tagihan:
·
Tugas individu, menentukan teks eskposisi dengan alas an dan data
dukung
Bentuk Instrumen:
·
Objektif pilihan ganda dan uraian untuk mengidentifikasi teks eksposisi
·
Format pengamatan sikap untuk menilai rasa percaya diri dan kesantunan dalam menjelaskan pemahaman
|
1x6jp
|
· Contoh teks eksposisi
dari internet
· Contoh teks eksposisi
dari media massa cetak
Buku referensi tentang genre teks
|
1.2
1.3
2.1
2.2
2.3
2.4.
2.5
3.4 Mengidentifikasi kekurangan teks hasil
observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek
berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan maupun tulisan
|
1.
Kelebihan teks hasil eksposisi dari aspek isi dan
bahasanya
2.
Kekurangan teks teks eksposisi dari aspek isi dan
bahasanya
|
Mengamati
·
Membaca teks eksposisi dengan
cermat
·
Membaca contoh hasil identifikasi kelebihan/kekurangan teks eksposisi
Menanya
·
Mendorong siswa mengungkapkan hal-hal yang
berkaitan dengan pengidentifikasian kekurangan dan kelebihan sebuah teks
eksposisi yang dimodelkan
Mengeksplorasikan
·
Mendiskusikan kelebihan/kekurangan
sebuah teks eksposisi dari segi struktur dan ciri
bahasa
Mengasosiasikan
·
Menemukan teks eksposisi yang mirip yang pernah
dibaca/didengar dan mengetahui perbedaannya dengan teks lain berdasarkan
struktur dan ciri-ciri bahasa yang telah dipahami
Mengomunikasikan
·
Mempresentasikan hasil diskusi tentang teks laporan (struktur dan ciri-ciri
bahasa) dalam
diskusi kelas dengan penuh rasa percaya diri dan bahasa yang santun
·
Menanggapi presentasi
teman/kelompok secara jujur dan santun
|
Jenis Tagihan:
·
Tugas individu, mengidentifikasi kelebihan/kekurangan teks eksposisi
·
Tugas kelompok, mengidentifikasi kelebihan/kekurangan teks eksposisi
Bentuk Instrumen:
·
Unjuk kerja, mengidentifikasi
kelebihan/kekurangan teks eksposisi
·
Format pengamatan sikap untuk menilai rasa percaya diri, kesantunan, dan
kejujuran dalam mengidentifikasi kelebihan/kekurangan teks eksposisi
|
1x6jp
|
· Contoh teks eksposisi
dari internet
· Contoh teks eksposisi
dari media massa cetak
· Buku referensi tentang
genre teks
|
1.2
1.3
2.1
2.2
2.3
2.4.
2.5
4.1 Menangkap
makna teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan
cerita pendek baik secara lisan maupun tulisan
|
1.
Pemahaman kata, istilah dalam teks
eksposisi
2.
Pemahaman isi teks eksposisi
|
Mengamati
·
Membaca teks eksposisi dengan cermat
Menanya
·
Menanya tentang kata atau istilah dalam teks eksposisi untuk memperjelas
pemahaman
Mengeksplorasikan
·
Mendiskusikan kata-kata sulit
dan istilah dalam teks eksposisi yang dibaca
·
Menjawab/mengajukan pertanyaan
isi teks eksposisi
(pertanyaan literal,
inferensial, integratif, kritis)
·
Mengidentifikasi sebuah kalimat pada teks
eksposisi dan menjelaskan maknanya serta memberi alasan mengapa penulis
memakai kata/istilah/kalimat tersebut (efek yang ditimbulkan kepada pembaca).
Mengasosiasikan
·
Menemukan kata atau istilah yang sama dalam
teks eksposisi dan menggunakannya dalam kalimat
Mengomunikasikan
·
Menjelaskan isi teks eksposisi secara lisan
dengan bahasa yang runtut
·
Menjelaskan fungsi pemakaian kata atau
istilah tertentu dalam teks eksposisi
|
Jenis Tagihan:
·
Tugas individu, menjawab/mengajukan
pertanyaan isi teks eksposisi
·
Tugas kelompok, menemukan makna
kata-kata sulit dan istilah dalam teks eksposisi yang dibaca
Bentuk Instrumen:
·
Tes tulis menjawab/mengajukan pertanyaan tentang isi teks eksposisi
·
Format pengamatan sikap untuk menilai kesantunan dalam menilai jawaban
teman
|
1x6jp
|
· Contoh teks eksposisi
dari internet
· Contoh teks eksposisi
dari media massa cetak
· Buku referensi tentang
genre teks
|
1.2
1.3
2.1
2.2
2.3
2.4.
2.5
4.2 Menyusun
teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita
pendek sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan maupun tulisan
|
Langkah Menyusun Teks eksposisi
·
Menentukan thesis
·
Menyusun argumen pendukung
thesis
·
Menyusun simpulan
|
Mengamati
·
Mengamati masalah yang terjadi di sekitar
melalui gambar, tayangan, puisi, atau lagu
Menanya
·
Menanya tentang cara menyusun teks eksposisi
Mengeksplorasi
1.
(berkelompok)
·
Mengidentifikasi bahan-bahan yang akan
digunakan untuk menulis teks eksposisi
·
Menyusun teks eksposisi dengan memperhatikan
struktur teks
·
Menentukan thesis
·
Menyusun teks eksposisi berdasarkan tesis
dengan argumen yang mendukung
·
Membuat kesimpulan tulisan
Mengasosiasi
·
Menemukan teks eksposisi yang mirip dengan memperhatikan
struktur dan ciri-ciri bahasanya
Mengomunikasikan
·
Membacakan tulisan eksposisi yang telah
dibuat
·
Menananggapi saran teman dari kelompok lain
berkaitan dengan struktur dan isi teks
2.
(individu)
·
Mengidentifikasi bahan-bahan yang akan
digunakan untuk menulis teks eksposisi
·
Menyusun teks eksposisi dengan memperhatikan
struktur teks
·
Menentukan thesis
·
Menyusun teks eksposisi berdasarkan tesis
dengan argumen yang mendukung
·
Membuat kesimpulan tulisan
Mengasosiasi
·
Menemukan teks eksposisi yang mirip dengan
memperhatikan struktur dan ciri-ciri bahasanya
Mengomunikasikan
·
Membacakan tulisan eksposisi yang telah
dibuat
·
Menananggapi saran teman dari teman lain
berkaitan dengan struktur dan isi teks
|
Jenis Tagihan:
·
Tugas individu, menyusun teks
eksposisi
·
Tugas kelompok, menyusun teks
eksposisi
Bentuk Instrumen:
·
Uji petik kerja, menyusun teks eksposisi secara
keolompok dan individu
·
Format pengamatan sikap untuk menilai kreativitas dalam menyusun teks
eksposisi
|
2x6jp
|
· Contoh teks eksposisi
dari internet
· Contoh teks eksposisi
dari media massa cetak
· Buku referensi tentang
genre teks
|
1.2
1.3
2.1
2.2
2.3
2.4.
2.5
4.3 Menelaah
dan merevisi teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi,
eksplanasi, dan cerita pendek sesuai
dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
|
1.
Aspek penelahaan Teks eksposisi
·
Menelaah
judul teks eksposisi
·
Menelaah
thesis teks eksposisi
·
Menelaah argumen pendukung thesis
·
Menelaah
bahasa teks eksposisi: struktur kalimat, ejaan, dan tanda baca
2.
Merevisi isi dan bahasa teks
eksposisi
|
(1) Berkelompok
Mengamati
·
membaca teks eksposisi yang telah ditulis
kelompok lain
Menanya
·
Menanya tentang hal yang berkaitan dengan cara
penelaahan teks eksposisi
Mengeksplorasikan
·
Mendiskusikan cara menelaah teks eksposisi
·
Menelaah teks eksposisi yang ditulis
kelompok lain dari segi judul dan
merevisinya bila kurang sesuai
·
Menelaah teks eksposisi yang telah dituli
kelompok lain dari segi thesis dan merevisinya bila kurang sesuai
·
Menelaah teks eksposisi yang telah ditulis
kelompok lain dari segi argumen pendukung
dan merevisinya bila kurang sesuai
·
Menelaah teks eksposisi yang telah ditulis
kelompok laindari segi bahasa (struktur kalimat, ejaan, dan tanda baca) dan
merevisinya bila kurang tepat
·
Menelaah teks eksposisi yang telah dibaca
dari segi
Mengomunikasikan
·
Membacakan hasil telaah teks eksposisi di
depan teman-teman dengan percaya diri
(2) Individu
Mengamati
·
membaca teks eksposisi melalui pemodelan
Menanya
·
Menanya tentang hal yang berkaitan dengan
cara penelaahan teks eksposisi
Mengeksplorasikan
·
Mendiskusikan cara menelaah teks eksposisi
·
Menelaah teks eksposisi yang telah dibaca
dari segi judul dan merevisinya bila kurang sesuai
·
Menelaah teks eksposisi yang telah dibaca
dari segi thesis dan merevisinya bila
kurang sesuai
·
Menelaah teks eksposisi yang telah dibaca
dari segi argument pendukung dan merevisinya bila kurang sesuai
·
Menelaah teks eksposisi yang telah dibaca
dari segi bahasa (struktur kalimat, ejaan, dan tanda baca) dan merevisinya
bila kurang tepat
·
Menelaah teks eksposisi yang telah dibaca
dari segi
Mengomunikasikan
·
Membacakan hasil telaah teks eksposisi di
depan teman-teman dengan percaya diri
|
Jenis Tagihan:
·
Tugas individu, menelaah teks
eksposisi yang ditulis teman
·
Tugas kelompok, menelaah dan
merevisi teks eksposisi yang ditulis
kelompok lain
Bentuk Instrumen:
·
Uji petik kerja, menelaah dan merevisi
teks eksposisi yang ditulis teman/kelompok lain
·
Format pengamatan sikap untuk menilai kejujuran dalam menelaah teks eksposisi milik teman/kelompok lain
|
1x6jp
|
· Contoh teks eksposisisi
dari internet
· Contoh teks eksposisi
dari media massa cetak
· Buku referensi tentang
genre teks
|
1.2
1.3
2.1
2.2
2.3
2.4.
2.5
4.4
Meringkas teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi,
dan cerita pendek baik secara lisan maupun tulisan
|
Langkah menyusun ringkasan:
·
membaca Teks eksposisi
·
mengidentifikasi intisari teks
mulai dari thesis, argumen, dan simpulan
|
Mengamati
·
Membaca teks hasil eksposisi yang telah ditulis dan atau dibacakan teman/kelompok lain
Menanya
·
Menanya tentang cara meringkas teks eksposisi
·
Mengeksplorasikan
1. (berkelompok)
·
Membaca kembali teks eksposisi yang telah dibuat
dalam kelompok
·
Mengidentifikasi intisari teks
mulai dari kalimat topic dan pendeskripsian
·
Menyusun ringkasan teks eksposisi
dengan memperhatikan pokok-pokok isi
Mengomunikasikan
·
Membacakan ringkasan teks eksposisi yang
telah dibuat
·
Menerima masukan teman untuk perbaikan
ringkasan
2.(individu)
·
Membaca kembali teks eksposisi yang telah
dibuat
·
Mengidentifikasi intisari teks
mulai dari kalimat topic dan pendeskripsian
·
Menyusun ringkasan teks
eksposisi dengan memperhatikan
pokok-pokok isi
Mengomunikasikan
·
Membacakan ringkasan teks yang telah dibuat
·
Menerima masukan teman untuk perbaikan
ringkasan
|
Jenis Tagihan:
·
Tugas individu, meringkas teks
eksposisi
·
Tugas kelompok, meringkas teks
eksposisi
Bentuk Instrumen:
·
Uji petik kerja, meringkas teks eksposisi dalam bentuk peta konsep
·
Format pengamatan sikap untuk menilai kesantunan dalam menanggapi
presentasi teman/kelompok lain
|
1x6jp
|
· Contoh teks eksposisi
dari internet
· Contoh teks eksposisi
dari media massa cetak
· Buku referensi tentang
genre teks
|