PENDAHULUAN
PROFIL MADRASAH
1.
Nama Madrasah :
MTS SATU ATAP AL-HIDAYAH
2.
Alamat :
Jl.
Pattimura Gg. VI No 300 RT / RW 08/07
a)
Desa/Kelurahan : Temas
b)
Kecamatan :
Batu
c)
Kota : Batu
3.
Nama Kepala Madrasah :
Habib
Maulana, SE
4.
Nomor Statistik :
121235790003
5.
Jenjang Akreditasi :
-
6.
Status Tanah : Milik Yayasan
a.
Surat Kepemilikan Tanah : Yayasan
Al-Hidayah
b.
Luas Tanah : 1190 m²
7.
Data Siswa 2013 : 38 siswa
Kelas
|
Perempuan
|
Laki-laki
|
Jumlah
|
VII
|
12
|
11
|
23
|
VIII
|
5
|
4
|
9
|
IX
|
3
|
3
|
6
|
Jumlah
|
38
|
8.
Data Ruang Kelas :
3
9.
Jumlah Rombongan Belajar : 3
10.
Guru :
12
11.
Pegawai Tata Usaha : 2
12.
Penjaga :
-
No
|
Status Guru
|
Pendidikan Guru
|
Jumlah
Total
|
Juml
|
Juml
|
Juml
|
Juml
|
Juml
|
S-1
|
D-3
|
D-2
|
D-1
|
SLTA
|
1
|
Guru Tetap yayasan
|
10
|
-
|
-
|
-
|
2
|
12
|
2
|
Guru Tidak Tetap yayasan
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
3
|
Guru PNS diperbantukan (DPK )
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
4
|
Staf Tata Usaha
|
-
|
1
|
-
|
-
|
1
|
2
|
5.
|
Penjaga
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
13.
Kegiatan Belajar Mengajar : Pagi
14.
Sumber dana Operasional : a. BOS dari Pemerintah
A.Visi
Madrasah
Madrasah yang
unggul dalam IMTAQ, Berprestasi dan Berbudaya Islami
B. Misi Madrasah
1. Membudayakan pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan yang Islami.
2. Mendorong anak didik mengenali potensi diri dan menyediakan berbagai kegiatan akademik dan non akademik untuk mengembangkannya.
3. Menumbuhkan penghayatan dan pengamalan ajaran agama Islam dalam setiap lingkup kegiatan madrasah
4. Menumbuhkan penghayatan nilai-nilai ajaran Islam Ahlussunnah Waljama’ah
5. Mengembangkan lingkungan fisik dan psikologis yang kondusif bagi pertumbuhan dan perkembangan anak didik
6. Menyelenggarakan managemen berbasis madrasah dan pelibatan masyarakat dalam pengembangan madrasah.
C.
Tujuan Madrasah
Berdasarkan VISI dan MISI di atas
maka tujuan pendidikan MTs SA AL-HIDAYAH Pesanggrahan diharapkan sebagai berikut:
Saat ini tahun 2013, maka pada tahun 2014
1. Memiliki peningkatan nilai rerata NEM + 0.6 dari 6,90 menjadi 7,50
2. Memiliki tim yang menjadi finalis olimpiade MIPA tingkat kota
3. Menjadi finalis lomba bola volly tingkat kota
4. Memiliki guru yang berprestasi 5 besar tingkat kota
5. Memiliki tim tilawah yang menjadi finalis lomba MTQ tingkat kota
6. Melaksanakan pembelajaran PAKEM untuk seluruh kelas
7. Seluruh peserta didik kelas atas menjalankan sholat dengan baik dan tertib.
8. Memiliki sarpras pendukung yang memadai
D. Kondisi Madrasah :
a. Standar Isi
Dokumen
Kurikulum Madrasah kami sudah disusun dan disahkan sejak tahun 2010. Kurikulum
dikembangkan menggunakan panduan BSNP dengan mempertimbangkan karakter daerah,
kebutuhan sosial masyarakat, kondisi budaya, usia peserta didik, dan kebutuhan
pembelajaran. Kurikulum menunjukan adanya alokasi waktu, rencana program
remedial, dan pengayaan bagi siswa. Kurikulum juga mencakup program kegiatan
pengembangan diri, baik melalui bimbingan konseling maupun ekstra kurikuler.
Namun di Madrasah kami kurikulum belum direviu setiap tahun dan Madrasah.
b. Standar Proses
Para pendidik di Madrasah kami telah menyusun
perangkat pembelajaran seperti Prota, Prosem, Silabus dan RPP. Demikian pula
sebagian pendidik telah melaksanakan metode pembelajaran yang variatif (PAKEM
dan CTL), menggunakan berbagai sumber dan media pembelajaran, bahkan sebagian
kecil guru sudah dapat menggunakan media pembelajaran yang berbasis IT. Namun
demikian dalam dalam penyusunan RPP belum mempertimbangkan perbedaan gender,
kemampuan awal , kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya.
Dalam proses pembelajaran metode ceramah masih mendominasi. Demikian ini
disamping karena kualitas SDM pendidik yang masih perlu ditingkatkan juga keterbatasan
sarana pembelajaran Madrasah kami. Oleh kaena itu Madrasah akan menfasilitasi
peningkatan kualitas SDM para pendidik melalui diklat, woRKMhop dsb.
c. Standar Kompetensi Lulusan
Para peserta didik di Madrasah kami dapat
mencapai target akademis, baik dari pencapaian KKM setiap pelajaran maupun dari
Ujian Nasional. Namun kemajuan/ peningkatan prestasi belajar peserta didik
Madrasah kami belum secara konsisten. Madrasah kami juga menawarkan berbagai
program pengembangan diri untuk mengembangkan kepribadian, ketrampilan hidup
dan nilai-nilai agama dan budaya peserta didik. Namun belum seluruh bakat dan
minat peserta didik dapat tertampung, karena keterbatasan program ekstra
kurikuler. Oleh karena itu Madrasah kami akan menfasilitasi pengembangan bakat
dan minat peserta didik dengan menambah program ekstra kurikuler. Disamping itu
untuk meningkatkan hasil prestasi akademis, Madrasah akan menambah jam
pembelajaran di luar jam Madrasah.
d. Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan
Para pendidik di Madrasah kami dari jumlahnya
memenuhi standar nasional, namun dari segi kualifikasi dan kompetensinya masih
pada level standar pelayanan minimal. Adapun Tenaga kependidikan jumlahnya
sesuai standar pelayanan minimal, namun kualifikasi dan kompetensinya masih
belum memenuhi SPM. Oleh karena itu perlu penambahan tenaga kependidikan
disamping juga perlu peningkatan kualifikasi dan kompetensi PTK.
e. Standar Sarana dan Prasarana
Kondisi Madrasah saat ini sarana prasarana
pembelajaran cukup memadai dengan ruang belajar yang kondusif serta nyaman,
walaupun belum mencapai standar nasional, khususnya ruang kelas, ruang guru,
ruang laboratorium IPA dan jamban yang masih perlu .
f. Standar Pengelolaan
Madrasah kami memiliki visi, misi dan tujuan
yang jelas, yang telah diimplementasikan baik dalam RKM maupun RKAM. RKM dan
RKAM juga dapat diakses oleh seluruh warga Madrasah dan masyarakat melalui
jaringan website(blog) Madrasah. Namun Kinerja Madrasah belum dievaluasi secara
pereodik dan dalam perumusannya belum melibatkan seluruh warga Madrasah. Oleh
karena itu skolah kami akan menfasilitasi evaluasi terhadap kinerja Madrasah
serta melibatkan semua warga Madrasah dalam merumuskan RKM dan RKAM.
g. Standar Pembiayaan
Madrasah kami dalam pengelolaan keuangan
merujuk pada ketentuan yang berlaku, mulai dari perencanaan (RAPBS), pembukuan
dan pelaporan, namun pembelanjaan keuangan belum selalu sesuai dengan
perencanaan. Disamping itu tidak semua warga Madrasah dapat mengakses dengan
mudah pengelolaan keuangan Madrasah. Oleh karena itu Madrasah akan
menfasilitasi pengelolaan keuangan yang efisien, transparan dan akuntabel.
h. Standar Penilaian
Madrasah
kami merencanakan penilaian proses dan hasil belajar peserta didik serta
menginformasikan kepada peserta didik. Madrasah kami juga melaksanakan
penilaian dengan berbagai teknik, bentuk dan jenis penilaian, walaupun belum
optimal. Namun dalam Madrasah belum melibatkan orang tua siswa dalam pencapaian
hasil belajar siswa.